Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India-Pakistan Saling Tembakkan Artileri, Ratusan Orang Melarikan Diri

Kompas.com - 26/02/2018, 22:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KASHMIR, KOMPAS.com - Militer India dan Pakistan saling menembakkan persenjataan artileri di wilayah sengketa, Sabtu (24/2/2018).

Insiden tersebut memaksa ratusan orang menyelamatkan diri dan memanaskan perjanjian gencatan senjata kedua negara yang telah terjaga selama 15 tahun.

Dilaporkan petugas kepolisian Kashmir di India, belum diketahui pemicu terjadinya pertempuran di sektor Uri, di tempat yang disebut "garis kontrol", yang membagi wilayah muslim Himalaya.

Baca juga: Inilah Perempuan Pertama India yang Terbangkan Jet Tempur

Ketegangan antara kedua negara disebut telah meningkat sejak serangan terhadap sebuah kamp militer India yang menimbulkan enam korban tewas dari pihak tentara India.

Pemerintah India menyalahkan Pakistan untuk serangan mematikan tersebut dan berjanji bakal melancarkan serangan balasan.

Dilansir dari The Independent, pengawas polisi Imtiaz Hussain mengatakan, peluru artileri yang ditembakkan oleh tentara Pakistan jatuh di wilayah Uri, memaksa ratusan penduduk desa melarikan diri dari rumah mereka.

Setelahnya, pasukan India membalas serangan dengan menembakkan artileri mereka.

Disampaikan seorang perwira India, ini adalah tembakan artileri pertama India sejak perjanjian gencatan senjata di sepanjang wilayah perbatasan pada 2003.

Hussain mengatakan, otoritas Pakistan telah membuat pengumuman dari sebuah masjid yang menyarankan kepada warga desa yang berada di sekitar "garis kontrol" untuk melarikan diri karena situasi yang memburuk.

"Sekitar 700 warga desa mencari perlindungan di sebuah sekolah di Uri," kata Hussain.

Baca juga: Arab Saudi Kirim 10.000 Tentara Jalani Pelatihan di Pakistan

Sementara dari Pakistan, kementerian luar negeri mengecam aksi penembakan dan saling serang senjata artileri yang terjadi di "garis kontrol" di Uri.

Mereka mengingatkan telah adanya 17 warga sipil Pakistan yang tewas akibat serangan yang dilancarkan India ke kawasan tersebut sepanjang tahun ini.

Konflik antara India dengan Pakistan yang memperebutkan wilayah sengketa Kashmir telah terjadi dua kali, sejak lepas dari Inggris pada 1947. Kedua negara saling mengklaim berhak atas wilayah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com