Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Operasi Caesar, Anjing di Australia Lahirkan 18 Anak

Kompas.com - 23/02/2018, 11:52 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Perth Now


FORRESTDALE, KOMPAS.com — Sebuah klinik hewan di Australia dikejutkan dengan kelahiran 18 anak anjing pada pekan ini. Jumlah yang sangat banyak keluar dari satu induk.

Staf di Klinik Hewan West Coast, Forrestdale, Australia, membantu kelahiran anak dari anjing jenis Doberman bernama Sassy yang berusia empat tahun.

Dokter hewan Aaron Raney memimpin sebuah tim yang terdiri atas 10 orang untuk melakukan operasi terhadap Sassy secara caesar  yang berlangsung 90 menit.

"Pemiliknya datang ke klinik dan mengatakan kepada kami, anjingnya akan melahirkan 16 anak dan apakah kami siap membantunya," kata Raney.

Baca juga: Anak Anjing di Kebun Binatang China Jadi Makanan Ular Piton

"Saya berpikir mungkin ada 10 atau 12 anak, tetapi mereka terus ada. Saya berhenti menghitung pada angka ke-12 karena berkonsentrasi untuk mengeluarkan semuanya sampai suara tangisan anak anjing tidak berhenti," ucapnya.

Menurut dia, prosedur operasi caesar pada anjing betina dengan kelahiran 18 ekor anak belum pernah terjadi sebelumnya selama delapan tahun kariernya sebagai dokter hewan.

Raney biasanya membuat satu sayatan dalam setiap operasi caesar pada anjing. Namun, kali ini, dia harus membuat empat sayatan untuk mengeluarkan semua anak anjing tersebut.

"Dia (Sassy) melakukannya dengan sangat baik. Beberapa anjing memang merasa tertekan dan tidak bernapas. Namun, begitu kami memberikan oksigen, mereka semakin membaik," ujarnya.

Baca juga: Pura-pura Hamil, Perempuan di China Coba Selundupkan Anak Anjing

Tahun lalu, anjing Dalmatian di Victoria, Australia, juga melahirkan anak 18 ekor.

Setelah berjuang 13 jam, anjing bernama Miley ini dinobatkan sebagai pemegang rekor melahirkan terbanyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Perth Now
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com