Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pemimpin Dunia Ini Dianggap Sebagai Ancaman bagi HAM

Kompas.com - 22/02/2018, 20:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,Telegraph

LONDON, KOMPAS.com - Amnesti Internasional (AI) merilis laporan para pemimpin dunia yang dianggap sebagai ancaman bagi HAM di seluruh dunia.

Antara lain Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte dianggap sebagai pemimpin kontroversial.

Dilaporkan The Telegraph Kamis (22/2/2018), AI menganggap kebijakan mereka telah memundurkan dunia ke era di mana perjuangan meraih HAM sangatlah sulit.

"Hantu bernama kebencian dan ketakutan kini telah menghinggapi seluruh dunia," ujar Direktur Eksekutif AI, Shalil Shetty.

Menurut Shetty, para pemimpin dunia tersebut telah sering memberikan komentar yang kontroversial.

Baca juga : Duterte: Pakai Kondom seperti Makan Permen dengan Bungkusnya

Sebut saja Duterte. Mantan Wali Kota Davao itu baru-baru ini menyebut kalau berhubungan seks dengan kondom mengurangi kenikmatan.

Dia mengandaikan kondom dengan permen. "Coba saja makan permen dengan bungkusnya. Itulah kondom," ujar Duterte saat itu.

Adapun Trump juga dikritik karena tidak bersimpati dengan korban penembakan massal SMA Marjory Stoneman Douglas di Florida (14/2/2018).

Presiden 71 tahun itu memilih menyalahkan Biro Investigasi Federal (FBI) yang dianggap lebih sibuk menyelidiki dugaan keterlibatan Rusia dalam kampanyenya di pilpres 2016.

Trump juga menggelar keputusan kontroversial ketika memutuskan mencekal tujuh negara yang dianggap sarang kelompok radikal pada awal dia menjabat.

Selain itu, dikutip dari CNN, Shetty menyebut kalau para pemimpin dunia itu gagal menghentikan kekerasan yang dilakukan Myanmar terhadap Rohingya.

Sejak operasi militer dilakukan pada 25 Agustus 2017, sebanyak 700.000 orang Rohingya mengungsi di Bangladesh, dan tanah tak bertuan di perbatasan dua negara.

Presiden AS Donald Trump bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT APEC di Danang, Vietnam.Mikhail KLIMENTYEV / SPUTNIK / AFP Presiden AS Donald Trump bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT APEC di Danang, Vietnam.

Shetty melanjutkan, Amnesti Internasional juga menyoroti sikap para pemimpin itu ketika berhadapan dengan media massa.

Trump kembali menjadi contoh. Shetty berujar, Trump sering menggunakan kata "fake news (berita bohong)" terhadap kabar yang dianggap menjatuhkan citranya.

Di China, pemerintahan Xi Jinping juga mengontrol internet serta media sosial, dan mengawasi dengan ketat praktek keagamaan.

Lembaga yang berbasis di Inggris itu menyatakan, pada 2018, sangat mungkin orang-orang tidak akan bisa lagi bebas mengkritik pemerintah.

"Menyuarakan sepatah kata saja bakal menjadi kondisi yang berbahaya ke depannya," beber Shetty.

Selain Trump, Putin, Duterte dan Jinping, nama lain yang dianggap menjadi ancaman HAM antara lain Abdel Fattah al-Sisi (Mesir), dan Nicolas Maduro (Venezuela).

Baca juga : Ketika Tweet Trump Pancing Amarah Korban Penembakan Massal Florida

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com