Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensus Tunawisma, Paris Catat Lebih dari 3.000 Warganya Hidup di Jalanan

Kompas.com - 22/02/2018, 17:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Pemerintah Perancis pekan lalu menggelar sensus untuk mendata jumlah tunawisma yang ada di kota Paris.

Dari hasil sensus yang pertama kali digelar itu, diketahui sedikitnya ada 3.000 orang yang hidup tanpa tempat tinggal di ibu kota.

Sensus itu dilakukan oleh 300 petugas dengan dibantu 1.700 relawan pada Kamis (15/2/2018) malam.

Mereka menyusuri jalanan di kota Paris dan menghitung orang-orang yang meringkuk di dalam kantong tidur, di depan gedung, dan di dalam tenda-tenda di taman.

Baca juga: Tunawisma di Inggris Tidur di Kotak Telepon Selama Musim Dingin

Tak sekadar menghitung jumlah tunawisma, petugas sensus juga mewawancarai mereka soal tempat tinggal dan kesehatan.

Dengan data yang terkumpul nantinya, diharapkan dapat bermanfaat bagi pemerintah dalam merancang kebijakan yang lebih baik untuk membantu orang-orang di jalanan itu.

Melansir dari AFP, meski hasil sensus telah mencatat hingga lebih dari 3.000 tunawisma, namun Wakil Wali Kota Paris Bruno Julliard memperingatkan bahwa jumlah tersebut masih jauh dari yang sebenarnya.

Sensus yang dilakukan pekan lalu hanya mendata warga yang hidup di jalanan dan di tempat-tempat penampungan.

"Kita belum memperhitungkan mereka yang tidur di tempat parkir, di tangga-tangga darurat dalam gedung, dan tempat-tempat lain yang kerap digunakan untuk berlindung dari cuaca di musim dingin," kata Julliard.

"Kami juga tidak membuka tenda-tenda yang tertutup rapat karena bisa saja di dalamnya ada lebih dari satu orang," tambahnya.

Persoalan tunawisma memang sedang menjadi perhatian pemerintah Perancis.

Presiden Perancis Emmanuel Macron, pada Januari lalu juga telah mengakui kegagalannya dalam mewujudkan kota Paris yang bebas dari tunawisma pada akhir 2017, sepertinya yang pernah dia janjikan sebelumnya.

Wisatawan yang berkunjung juga kerap terkejut saat melihat banyaknya warga miskin yang tinggal di jalanan kota, yang jauh dari bayangan mereka tentang kota Paris.

Mereka kerap heran melihat Paris yang terkenal indah dan romantis juga memiliki pengemis di stasiun kereta dan tenda-tenda liar yang menempel di sepanjang kanal Saint-Martin.

Baca juga: Gedung Pemerintahan di India Diminta Tampung Tunawisma pada Malam Hari

Sensus untuk mendata jumlah resmi tunawisma juga telah banyak dilakukan pemerintah kota-kota besar di dunia, seperti Athena, Brussels, dan juga New York, bahkan sudah berjalan selama beberapa tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com