Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

George Weah akan Awali Kunjungan Kenegaraan Pertama ke Perancis

Kompas.com - 16/02/2018, 23:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MONROVIA, KOMPAS.com - Presiden baru Liberia, yang juga mantan pesepak bola George Weah akan melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya ke wilayah Eropa. Weah akan bertemu dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron di Istana Elysee, Kamis (22/2/2018).

"Ini akan menjadi perjalanan pertama George Weah ke Eropa sejak menjabat sebagai presiden," kata sebuah pernyataan dilansir AFP.

Weah yang kini berusia 51 tahun mengambil alih jabatan presiden dari Ellen Johnson Sirleaf yang telah memimpin negara di Afrika Barat itu selama 12 tahun.

Kemenangan Weah dalam sebuah pemilihan yang demokratis menjadi momen penting bagi masyarakat miskin Liberia.

Baca juga: Presiden Baru Liberia Janji Potong Gajinya untuk Pembangunan Negeri

Banyak warga yang melihat upaya Weah meraih jabatan pemerintahan tertinggi dari kawasan kumuh di Monrovia sebagai bentuk penghormatan. Weah dijadwalkan memulai perjalanan diplomatiknya ke Perancis pada 20 hingga 23 Februari.

"Kunjungan ini akan ditujukan untuk tantangan yang sedang dihadapi LIberia, terutama pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan bagi kaum muda, serta peran olahraga sebagai faktor pembangunan," tulis pernyataan kantor kepresidenan Perancis.

Kunjungan presiden Liberia juga akan menjadi kesempatan bagi Macron untuk memulai kemitraan dengan pemimpin generasi baru dan bersama-sama membangun kembali hubungan antara Perancis, Eropa dan Afrika.

Sebelumnya, pemerintah Perancis telah menambahkan Liberia dan Gambia ke dalam daftar 17 negara yang diprioritaskan menerima bantuan pembangunan dari Perancis.

George Weah semasa masih menjadi pemain sepak bola pernah bermain untuk tim papan atas Perancis, Italia, dan Inggris di era 1990-an. Bahkan sempat dinobatkan sebagai pemain tahun ini oleh FIFA.

Baca juga: George Weah, dari Lapangan Hijau Kini Terpilih Jadi Presiden Liberia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com