Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Bulan Hidup sebagai Wanita Transgender, Seorang Ayah Kembali Jadi Pria

Kompas.com - 16/02/2018, 20:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

LISBON, KOMPAS.com - Seorang ayah dua anak dari Inggris memutuskan kembali menjadi seorang pria setelah sempat menjalani hidup sebagai wanita transgender selama delapan bulan.

James Cohen (36) menyampaikan kepada istrinya Eirian (36) yang telah dinikahinya selama delapan tahun bahwa dia ingin menjadi seorang wanita.

James mengaku telah menyembunyikan krisis gender yang dialaminya sejak kecil. Sang istri sempat terkejut, namun pada akhirnya memahami keputusan suaminya.

Pasangan yang telah menikah selama delapan tahun dan dikaruniai dua anak ini pun pada akhirnya harus berpisah.

Namun, delapan bulan setelah James menjalani identitas sebagai Kara dan mengenakan gaun serta wig berwarna pirang, dia akhirnya memutuskan untuk kembali sebagai seorang pria.

Baca juga: Pertama Kali, Majalah Playboy Jerman Pakai Model Transgender

Bahkan kini Jim, sapaan akrab James, kembali hidup di bawah satu atap dengan mantan istri dan kedua buah hatinya di Portugal.

Saat masa transisi pertama James memutuskan menjadi wanita, pasangan asal Leeds, Inggris itu menjadi bahan ejekan rekan dan orang-orang yang mengenal mereka.

"Saya sangat terkejut saat James mengatakan dia ingin dikenal sebagai Kara. Tapi kami memutuskan melanjutkannya dan segera mencari perawatan hormon baginya."

"Tapi tujuh bulan kemudian dia berkata pada saya jika dia tidak ingin lagi terlihat seperti wanita," kata Eirian dikutip Metro.co.uk.

"Dia memutuskan pada Juli tahun lalu jika dia tidak lagi ingin menjadi wanita dan sekarang Jim berhenti memakai gaun dan wig. Jim sekarang menumbuhkan jenggot," kata Eirian.

Setelah kembali menjadi pria, Jim dan Eirian kini tinggal bersama dengan dua putri mereka Elektra (7) dan Seren (8).

"Anak-anak menerima ayah mereka tidak peduli dia memakai gaun atau berjenggot," kata Eirian.

Meski kedua pasangan itu tak lagi terikat dalam hubungan pernikahan, namun mereka menyebut masih menjadi teman dekat.

"Saya bersyukur pernah menjalani transisi pertama saya dan saya tidak pernah menyesalinya. Setiap orang harus melakukan apa yang membuat mereka bahagia," kata Jim.

Baca juga: Pelacur Transgender Bayar Rp 1,6 Miliar demi Operasi Jadi Boneka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com