Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Desak Turki Kembali Fokus Perangi ISIS, Bukan Milisi Kurdi

Kompas.com - 15/02/2018, 17:25 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah AS melalui Menteri Pertahanan Jim Mattis menyerukan kepada Turki untuk kembali mengonsentrasikan kekuatan militernya di Suriah untuk melawan ISIS dan bukan milisi Kurdi.

Dilansir dari AFP, Mattis telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Turki Nurettin Canikli pada Rabu (14/2/2018) malam di sela-sela pertemuan NATO di Brussels.

Dalam pertemuan tersebut, Mattis menyampaikan agar pemerintah Turki dapat kembali berfokus pada kampanye melawan ISIS dan mencegah sisa-sisa kelompok teroris itu untuk kembali bangkit di Suriah, alih-alih melawan milisi Kurdi.

Baca juga: Turki Serang Wilayah Kurdi Suriah, AS dan Perancis Bereaksi

"Turki seharusnya memperbarui kembali fokusnya pada kampanye untuk mengalahkan ISIS dan mencegah mereka kembali bangkit di Suriah," tulis pernyataan Pentagon, Kamis (15/2/2018).

Sebagaimana diketahui, Turki pada akhir Januari lalu, telah meluncurkan sebuah operasi militer di wilayah utara Suriah, tepatnya di kota perbatasan Afrin.

Militer Turki bersama pasukan pemberontak Suriah melawan milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang dilabeli kelompok teroris oleh Ankara.

Sementara milisi yang sama juga telah membantu pasukan yang didukung AS dalam melawan kelompok teroris ISIS di Suriah.

Perbedaan pandangan antara AS dengan Turki terhadap operasi militer yang disebut "Ranting Zaitun" itu menjadikan hubungan antara kedua pemerintahan mengalami ketegangan.

Baca juga: Turki Ubah Nama Jalan di Depan Kedubes AS di Ankara

Dalam pertemuan kemarin, kedua menteri pertahanan turut membahas permasalahan keamanan yang kompleks di Suriah serta ancaman kebangkitan ISIS yang dapat mengarah pada seluruh sekutu NATO.

"Keduanya setuju untuk melanjutkan berbagai kegiatan dan konsultasi pertahanan baik bilateral maupun multilateral demi mencari cara memperkuat kerja sama pertahanan di masa depan," tulis pernyataan Pentagon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com