Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bungker Era Perang Dunia II Tersembunyi di Bawah Stasiun Kereta di Paris

Kompas.com - 15/02/2018, 15:02 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com — Sebuah bungker atau ruangan bawah tanah dari era Perang Dunia II tersembunyi di bawah stasiun kereta api di Paris, Perancis. Bungker yang ada di Stasiun Gare de l'Est itu menjadi satu-satunya yang tersisa.

Dibangun beberapa tahun sebelum meletusnya Perang Dunia II, ruangan bawah tanah tersebut awalnya disiapkan sebagai ruang penyimpanan koper. Namun, saat perang terjadi, fungsi bungker itu pun berubah.

Sejarawan kereta api Perancis, Clive Lamming, mengatakan, bungker tersebut sempat dirombak pada 1939 untuk menambah tempat berlindung saat terjadi serangan udara sehingga petugas dapat tetap mengatur kereta api menuju Jerman.

Baca juga: Penemuan Bom Perang Dunia II di Sungai Thames, Bandara London Ditutup

Bungker tersebut juga dibuat kedap udara dengan pintu beton yang sangat tebal untuk mencegah serangan gas beracun.

"Kita ingat apa yang terjadi pada Perang Dunia I dan membuat tempat kedap udara ini sangat dibutuhkan," kata Lamming kepada AFP.

Sejarawan kereta api Perancis, Clive Lamming menunjukkan peralatan yang terpasang di ruang bawah tanah.AFP/PHILIPPE LOPEZ Sejarawan kereta api Perancis, Clive Lamming menunjukkan peralatan yang terpasang di ruang bawah tanah.

Dijelaskan Lamming, bungker tersebut memiliki langit-langit beton setebal 3 meter. Ruangan bawah dengan luas 120 meter persegi itu disiapkan mampu menampung hingga 70 orang.

Meski demikian, hingga berakhirnya PD II, bungker tersebut tidak pernah benar-benar digunakan untuk tempat berlindung karena serangan udara tidak sampai mendekati Paris, pun demikian dengan serangan gas beracun.

Baca juga: Terperangkap di Bungker Nuklir Zaman Soviet, Semut-semut Ini Tetap Hidup

Saat kekalahan Perancis pada 1940 dan kependudukan Nazi, bungker tersebut turut dikuasai dan meninggalkan sejumlah penanda dalam bahasa Jerman, seperti papan penanda jalan keluar bertuliskan "Notausgang".

Menurut Lamming, bungker tersebut masih dalam tahap pengerjaan dan belum sepenuhnya selesai.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com