Kondisi Kesehatan Menurun, Putin Batal Hadiri Sejumlah Acara - Kompas.com

Kondisi Kesehatan Menurun, Putin Batal Hadiri Sejumlah Acara

Kompas.com - 14/02/2018, 16:15 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin membatalkan penampilan di publik karena masalah kesehatan.AFP/SERGEI KARPUKHIN Presiden Rusia Vladimir Putin membatalkan penampilan di publik karena masalah kesehatan.

MOSKWA, KOMPAS.com - Untuk kali pertama sejak beberapa tahun terakhir, Presiden Rusia, Vladimir Putin membatalkan penampilannya di sejumlah acara karena kondisi kesehatannya tengah menurun. 


Putin telah membatalkan penampilannya di hadapan publik sejak Senin (12/2/2018) di mana dia seharusnya berkunjung ke Sochi.

Pada Rabu (14/2/2018) hari ini, Putin juga batal hadir dalam acara diskusi mikroelektronik di Kremlin. Demikian juga untuk keesokan harinya yang seharusnya hadir dalam agenda forum di Moskwa.

Bahkan Putin telah membatalkan rencana perjalanan ke wilayah timur jauh Rusia karena kondisi kesehatannya.

Baca juga: Ini Dia Tujuh Lawan Putin di Pemilu Presiden Rusia 2018

Kondisi kesehatan Putin sudah tampak menurun sejak penampilan terakhirnya di kompetisi bakat yang digelar Kremlin. Saat itu suaranya terdengar lemah dan bergetar serta sesekali terbatuk.

The Independent juga sempat melihat kondisi serupa saat menemani Putin dalam kampanye di Siberia pekan lalu. Kala itu Putin terlihat sulit berbicara dan tidak fokus saat berpidato.

Namun Sekretaris Pers Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov pada Selasa (13/2/2018) telah membantah presiden tengah sakit parah.

Menurutnya, Presiden Putin akan tetap menjalankan tugasnya dari Kremlin maupun kediamannya di Novo-Ogaryovo.

"Masih ada jadwal kerja, tapi akan tetap memperhitungkan kondisi kesehatan Presiden. Kalian semua mendengar bagaimana suaranya. Ini musim dingin, Anda semua pasti mengerti," kata Peskov.

Sejak mengambil alih kursi kepresidenan dari Boris Yeltsin, Putin telah membangun citra sebagai sosok dengan kesehatan fisik yang baik. Dia kerap terlihat bertelanjang dada di cuaca dingin, serta dikenal sebagai ahli beladiri judo.

Baca juga: Saat Putin Mengaku Tak Punya Ponsel..

Namun kini di usianya yang memasuki 65 tahun, membuatnya harus mengambil cuti karena sakit. Ini juga bukan kali pertama kesehatan Putin menjadi perbincangan.

Pada akhir 2012, Putin membatalkan beberapa perjalanan ke luar negeri dan menghilang dari publik, disebut karena tengah menjalani perawatan akibat cedera saat berolahraga.


Komentar

Close Ads X