Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Meninggal, TKI di Malaysia Tidur di Luar Bersama Anjing

Kompas.com - 12/02/2018, 11:12 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


BUKIT MERTAJAM, KOMPAS.com — Sehari sebelum meninggal, tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja di Malaysia, Adelina (21), tampak terlalu takut untuk merespons kehadiran tim penyelamat.

Dia hanya melirik dan menggelengkan kepala. Sementara anjing jenis Rottweiler berwarna hitam yang terikat tali dan berada di samping Adelina terus menyalak kepada petugas.

Tetangga rumah tersebut mengklaim perempuan asal Medan itu terpaksa tidur dengan seekor anjing di beranda rumah selama sebulan terakhir sebelum ditemukan pada Sabtu (10/8/2018).

The Straits Times melaporkan, Adelina meninggal pada Minggu (11/2/2018) di rumah sakit. Majikannya kini sedang diselidiki atas dugaan pembunuhan.

Sebelumnya, tim penyelamat mendapat laporan dari seorang wartawan mengenai keberadaan Adelina di rumah bertingkat dua di Taman Kota Permai, Penang, Malaysia.

Baca juga: Selundupkan Sabu Dalam Sepatu, TKI dari Malaysia Ditangkap di Nunukan

Salah satu regu penyelamat, Por Cheng Han, mengatakan, Adelina berada di beranda ketika mereka datang. Namun, tidak memberikan respons yang aktif.

"Kami berbicara dengan tetangga, mereka sering mendengar majikannya akan memecatnya. Suaranya keras dari dalam rumah," katanya.

Dia melihat luka nanah pada bekas luka bakar di kaki Adelina.

"Ada wanita berusia 60-an tahun ketika kami tiba di rumah itu," ucap Han.

Namun, wanita tersebut menolak membawa Adelina ke rumah sakit. Tim penyelamat kemudian menghubungi Tenaganita, sebuah LSM yang fokus pada perlindungan migran dari pelecehan.

Baca juga: Malaysia Selidiki Kopi Durian Instan yang Diduga Mengandung Narkoba

Terkait luka yang diderita Adelina, majikannya mengaku, Adelina tidak sengaja menumpahkan bahan kimia di kaki dan lengannya.

Sebelum relawan dari Tenaganita tiba, majikan memasukkan Adelina ke mobilnya dan membawanya pergi ke luar rumah mereka. Kemudian, mereka memanggil polisi.

"Kami membawa Adelina ke Rumah Sakit Bukit Mertajam, dia meninggal di sana," kata petugas kepolisian setempat, Nik Ros Azhan Nik Abdul.

Kepolisian setempat menahan majikan Adelina yang berusia 36 tahun dan saudara laki-laki majikannya yang berusia 39 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com