Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Perempuan 6 Tahun Digigit Ular Kobra saat Tertidur

Kompas.com - 11/02/2018, 08:46 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KWAZULU NATAL, KOMPAS.com - Seorang anak perempuan berusia 6 tahun menjadi korban gigitan ular saat tertidur di kamarnya. Dia digigit di bagian wajah yang menyebabkan bengkak pada organ tenggorokan.

Mikayla-Sue Grove mendadak terbangun di tengah malam dan mengeluhkan rasa sakit di bagian gigi.

Namun saat kedua orangtua Mikayla, Inge dan Ludwig memeriksa kamar, mereka mendapati seekor ular kobra yang diduga menjadi penyebab sakit yang diderita anak mereka.

Mereka langsung membawa kedua anak mereka, Mikayla dan adiknya Izabella keluar dari kamar. Tapi tiba-tiba ular tersebut kembali menyerang. Kali ini dengan meludahkan racun yang mengenai mata Inge.

Baca juga: Makan Daging Sapi yang Mati Digigit Ular Kobra, 60 Orang Keracunan

Satu keluarga yang berasal dari kota Ballito, provinsi KwaZulu-Natal, Afrika Selatan tersebut langsung bergegas ke rumah sakit Alberlito yang berjarak sekitar 15 menit berkendara dari rumah mereka.

Selama dalam perjalanan, Inge yang terkena racun ular pada bagian mata terus membilasnya dengan air, berharap dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Setibanya di rumah sakit, Mikayla langsung mendapat penanganan dengan memasukkan selang ke dalam tenggorokannya yang sudah mulai membengkak agar dia dapat bernafas kembali.

Pakar ular Arno Naude menuliskan di laman media sosial yang didedikasikan untuk serangan ular, tindakan yang diambil petugas rumah sakit dengan memasukkan selang sudah tepat.

"Mikayla juga mendapat 17 dosis obat anti-racun yang diberikan dalam jangka 12 jam," kata sang ayah, Ludwig Grove pada media lokal, dikutip Metro.co.uk.

Saat di rumah sakit, bekas gigitan kobra terlihat tampak jelas pada bagian dagu Mikayla. Beruntung, kondisinya segera membaik dan selang bantuan pernapasan telah dilepas.

"Dia masih di ICU, tapi saya bisa mengatakan dia sudah terbebas dari bahaya. Kami akan tahu pasti selama dua sampai tiga hari ke depan untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan akibat racun ular," kata Ludwig.

Baca juga: Pemuda India Tewas Saat Hendak Mencium Seekor Ular Kobra

Kondisi penglihatan sang ibu, Inge, juga telah pulih meski juga masih harus berada di rumah sakit untuk perawatan intensif.

Usai kejadian, Ludwig memanggil penangkap ular ke rumahnya. Ular yang menyerang keluarganya telah diidentifikasi sebagai ular kobra peludah Mozambik (naja mossambica).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com