Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Senjata Rusia Capai Rp 202 Triliun selama 2017

Kompas.com - 08/02/2018, 13:30 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia mencatatkan total transaksi sekitar 15 miliar dolar AS (sekitar Rp 202 triliun) dalam penjualan senjata selama 2017. Nilai tersebut hampir sama dengan capaian tahun sebelumnya.

Menurut laporan Rosoboronexport, badan negara Rusia yang bertanggung jawab atas ekspor militer, selama 2017 mereka telah menandatangani kontrak senilai 15 miliar dolar AS dengan pembeli dari 53 negara.

"Hasil itu menjadikan Rusia tetap mempertahankan posisinya sebagai pengekspor dominan di pasar senjata dunia," kata CEO Rosoboronexport, Alexander Mikheev dalam sebuah pernyataan, Rabu (7/2/2018).

Baca juga: Penjualan Senjata Global Tembus Rekor Tertinggi

Mengutip AFP, daripada dalam hal jumlah transaksi, peningkatan yang dicapai Rusia dalam ekspor senjata dibanding tahun sebelumnya adalah dari klien yang hanya 52 negara pada 2016.

Menurut data dari Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (Sipri), yang didedikasikan untuk meneliti konflik, persenjataan, kontrol senjata dan pelucutan senjata, AS menduduki peringkat teratas eksportir senjata dunia antara tahun 2012 dan 2016, dengan pangsa pasar 33 persen.

Sementara, Rusia hanya menempati peringkat kedua dengan 23 persen, diikuti China (6,2 persen) dan Perancis (6 persen).

Rusia telah lama menjadi pemasok senjata untuk India dan China. Beberapa tahun terakhir juga menyediakan persenjataan untuk rezim Suriah yang didukung Kremlin.

"Meski ada tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari sejumlah negara Barat, serta cara persaingan tidak adil yang mereka gunakan, kami berhasil memasuki pasar baru," tambah Mikheev dalam pernyataannya.

Dia menyebut sejumlah klien baru tersebut berada di wilayah Asia Pasifik dan juga Timur Tengah, namun tidak memberikan rincian lebih spesifik.

Baca juga: Sekutu AS di Arab Ini Beli Sistem Pertahanan Rudal S-400 dari Rusia

Tahun ini, kesepakatan persenjataan Rusia dengan AS dipastikan menurun, menyusul larangan yang dikeluarkan Washington kepada pemerintah untuk berurusan dengan 39 perusahaan senjata asal Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com