Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Siapkan Kompensasi bagi 25.000 Korban Selamat Holokaus

Kompas.com - 06/02/2018, 23:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

 

BERLIN, KOMPAS.com - Pemerintah Jerman tengah mempersiapkan pemberian kompensasi berupa sejumlah uang bagi sekitar 25.000 korban asal Aljazair yang selamat dari holokaus.

Dilaporkan, Senin (5/2/2018), orang-orang Yahudi asal Aljazair yang menjadi korban kekejaman holokaus kini banyak yang tinggal di Perancis dan Israel.

Atas aksi kekejaman dan penganiayaan yang mereka terima dari tangan rezim Vichy, pemimpin Nazi yang berkuasa di negara-negara Afrika utara selama Perang Dunia II, Pemerintah Jerman bermaksud memberikan kompensasi sekitar 2.500 euro (sekitar Rp 41 juta).

Baca juga: Permohonan Amnesti Eks Bendahara Nazi Ditolak Kejaksaan

"Pemberian kompensasi ini sebagai bentuk pengakuan yang telah lama tertunda bagi orang-orang Yahudi di Aljazair yang telah menderita akibat tindakan anti-Yahudi yang dilakukan sekutu Nazi," kata Greg Schneider, selaku Wakil Presiden Eksekutif Konferensi Klaim Jerman.

"Rezim Vichy telah menjadikan orang-orang ini dibatasi dalam pendidikan, politik, partisipasi dalam masyarakat sipil dan pekerjaan, menghapuskan kewarganegaraan mereka hanya karena mereka orang Yahudi," tambahnya dikutip The New Arab.

Schneider menambahkan, pemberian kompensasi berlaku bagi sekitar 25.000 korban kekejaman sekutu Nazi di Aljazair antara Juli 1940 hingga November 1942, yang kini tersebar di seluruh dunia.

"Kami ingin membantu mereka yang selamat. Meskipun besarnya kompensasi tidak akan pernah sebanding dengan penderitaan yang pernah mereka alami, ini menjadi bentuk keadilan yang layak diterima oleh korban yang selamat."

Baca juga: Mima Saina, Wanita Indonesia Pelindung Bayi Yahudi dari Kejaran Nazi

"Pengakuan ini penting dan kami akan terus berjuang sampai setiap orang yang selamat dapat diakui," kata perwakilan Konferensi Klaim Jerman, Ruediger Mahlo.

Pendaftaran untuk klaim akan dibuka oada awal Februari dan penggugat dapat mendaftar satu kali untuk menerima kompensasi sebesar 2.556 euro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com