Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Tinggi Korea Utara dan AS Bakal Bertemu di Pyeongchang

Kompas.com - 06/02/2018, 21:25 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Pejabat tinggi Korea Utara dan AS berpeluang bertemu di Pyeongchang, Korea Selatan. Tepatnya saat acara upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 yang akan digelar pada Jumat (9/2/2018).

Saat upacara pembukaan, Korea Utara bakal diwakili kepala negara seremonial, Kim Yong Nam. Kehadirannya di pembukaan Olimpiade Pyeongchang sekaligus menjadikannya pejabat Korea Utara paling senior yang pernah melintasi zona demiliterisasi Korea.

Namun masih belum diketahui apakah Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in bakal bertemu langsung atau menggelar pertemuan khusus dengan Yong Nam.

Baca juga: Atlet Peserta Olimpiade Pyeongchang Dapat Hadiah Ponsel, Kecuali Korea Utara

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan, mereka menyambut baik rencana kunjungan delegasi tingkat tinggi Korea Utara tersebut.

"Korea Selatan berharap kunjungan delegasi tingkat tinggi ini dapat menjadi dorongan penting dalam keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade Pyeongchang sebagai olimpiade perdamaian."

"Juga dalam pemulihan hubungan antara Korea Utara dengan Korea Selatan dan membangun perdamaian di semenanjung Korea," kata juru bicara kementerian Baek Tae-hyun.

Dilaporkan Yonhap, mengutip para ahli, menduga Korea Utara hendak mencairkan isolasi diplomatik dengan mengutus pemimpin seremonialnya ke acara yang juga akan dihadiri para pemimpin dan pejabat tinggi dunia.

Kedatangan delegasi tingkat tinggi tersebut sebagai salah satu hasil kesepakatan yang telah dicapai dalam perundingan kedua pemerintahan saat membahas keikutsertaan atlet Korea Utara di olimpiade.

Kim Yong Nam yang akan memimpin delegasi Pyongyang juga merupakan pemimpin Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Korea Utara, paratai yang menguasai parlemen.

Yong Nam, dijadwalkan tiba pada Jumat (9/2/2018) dan akan berada di Korea Selatan selama tiga hari. Dia akan didampingi tiga pejabat tinggi lainnya, serta 18 staf pendukung.

Kepastian kedatangan delegasi tingkat tinggi Pyongyang turut dikonfirmasi kantor berita Korea Utara, KCNA.

Baca juga: PBB: Korea Utara Kirim Senjata ke Suriah dan Myanmar

Sementara itu, delegasi AS akan hadir dengan dipimpin Wakil Presiden Mike Pence dalam upacara pembukaan olimpiade. Ini kemungkinan akan menjadi kali pertama pejabat tinggi Washington dan Pyongyang berada dalam satu acara yang sama.

Pejabat Gedung Putih mengatakan, wapres berencana menggunakan kunjungannya ke Pyeongchang kali ini untuk melihat upaya Korea Utara dalam "membajak" gelaran olimpiade kali ini dengan sebuah kampanye propaganda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com