Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selidiki Kasus Perusahaannya, Jurnalis Newsweek Dipecat

Kompas.com - 06/02/2018, 20:22 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Majalah mingguan di Amerika Serikat (AS), Newsweek, memutuskan untuk memberhentikan tiga orang karyawan redaksi.

Diduga, mereka dipecat karena tengah menyelidiki kasus finansial dan hukum yang tengah mendera perusahaannya.

New York Times melaporkan Senin (5/2/2018), dua di antara tiga karyawan yang dipecat berstatus sebagai pimpinan redaksi.

Mereka adalah Pemimpin Redaksi Bob Roe dan wakilnya, Kenneth Li. Sedangkan satu orang merupakan jurnalis yang bernama Celeste Katz.

Mereka dipecat setelah menerima pemberitahuan via Google Calendar untuk bertemu dengan jajaran eksekutif perusahaan induk Newsweek, Newsweek Media Group.

Baca juga : Usai Tiarap Setahun Lebih, Majalah Newsweek Edisi Cetak Terbit Lagi

Sebagai gantinya, Newsweek melantik Nancy Cooper menjadi Pelaksana Tugas Pemimpin Redaksi yang baru.

The Times memberitakan, Katz menjadi penanggung jawab peliputan berbagai perkara yang mendera Newsweek. Sedangkan Li merupakan pengawas liputan tersebut.

Selain memecat ketiganya, Newsweek juga menskors dua reporter lain, Josh Saul, dan Josh Keefe, wartawan International Business Times yang berafiliasi dengan Newsweek.

Komputer dan surel keduanya dikunci sejak Senin. Secara teknis, baik Saul dan Keefe tidak dipecat.

Namun, masa depan mereka masih belum diputuskan. "Mereka (Newsweek) sepertinya sudah berencana untuk menyingkirkan kami," kata Keefe dalam Twitter-nya.

"Bersih-bersih" yang dilakukan Newsweek membuat wartawan senior mereka, Matthew Cooper, memutuskan pengunduran diri sebagai bentuk protes.

Dalam surat yang diunggah di Twitter-nya, Cooper mencela aksi pemecatan kepada kolega-koleganya.

Pria yang telah menghabiskan 30 tahun masa hidupnya di dunia jurnalistik itu menyebut Newsweek mempunyai "alur kepemimpinan yang ceroboh".

"Pelantikan editor ini telah mengorbankan akurasi, keadilan, dan membuatku sangat putus asa tidak hanya kepada Newsweek. Namun juga media lain yang tidak belajar dari kasus kami," kecam Cooper.

Aksi Newsweek berawal dari serbuan yang dilakukan polisi atas perintah Jaksa Wilayah Manhatann ke markas mereka 18 Januari lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com