Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Mata-mata Rusia, Tiga Pria Ditahan di Lithuania

Kompas.com - 01/02/2018, 23:49 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

VILNIUS, KOMPAS.com - Otoritas Lithuania, Kamis (1/2/2018) melaporkan telah menahan tiga orang pria warga negara Baltik. Mereka dituduh sebagai mata-mata Rusia.

Dilansir AFP, ketiga orang tersebut telah diduga melakukan kegiatan spionasi untuk Rusia dan telah ditahan pada bulan Desember 2017 lalu. Saat ini ketiganya tengah menanti persidangan untuk dua kasus terpisah.

Penangkapan ketiganya setelah didapat informasi yang berasal dari intelijen militer Lithuania.

Baca juga: Kunjungan Bersejarah Presiden Lithuania ke Indonesia...

"Mereka berperan dalam kegiatan organisasi intelijen Federasi Rusia," kata Kepala Polisi Kriminal Lithuania Rolandas Kiskis kepada wartawan.

Pria pertama yang ditahan setelah diperiksa bekerja di angkatan udara Lithuania. Sementara seorang rekannya merupakan warga Lithuania yang memiliki izin tinggal Rusia.

Sedangkan tersangka ketiga dituduh sebagai penyedia informasi tentang angkatan laut Lithuania yang diberikan kepada Rusia.

Disampaikan Kepala Intelijen Militer Kolonel Remigijus Baltrenas, ketiga pria yang ditahan disebut tidak memiliki akses terhadap informasi rahasia.

Lithuania telah menjadi salah satu negara pengkritik paling vokal atas intervensi Rusia di Ukraina dan menyerukan peningkatan kehadiran militer NATO di Eropa timur untuk mencegah pengaruh Rusia.

Negara-negara Uni Eropa telah menghukum lima orang yang terbukti telah menjadi mata-mata yang bekerja untuk Rusia dan sekutunya Belarus sejak 2012.

Baca juga: Takut Diserang Rusia, Lithuania Bangun Kota untuk Lokasi Latihan Perang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com