Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utang 28 Negara Uni Eropa Mencapai Rp 209.000 Triliun

Kompas.com - 01/02/2018, 21:37 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

BRUSSELS, KOMPAS.com - Menurut data terbaru badan statistik Uni Eropa, Eurostat, ke-28 negara anggota pakta ekonomi itu kini menanggung utang sebesar 12,5 triliun euro atau hampir Rp 209.000 triliun.

Data menunjukkan dalam kuartal ketiga 2018, rasio utang terhadap GDP menurun dari 82,9 persen menjadi 82,5 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Yunani menjadi anggota Uni Eropa dengan rasio utang terhadap GDP paling besar yaitu mencapai 177,4 persen. Di peringkat kedua adalah Italia (134,1 persen) dan Portugal (130,8) persen.

Data Eurostat ini didasarkan pada empat katagori utang yang merupakan jaminan negara terkait dengan kewajiban pada pihak ketiga.

Baca juga : Rekor Baru, Utang Jepang Tembus Rp 100.000 Triliun

Namun, terdapat kewajiban yang bukan merupakan utang "keras" tetapi jika kemudian memasuki masa jatuh tempo pembayaran maka akan menciptakan lubang dalam anggaran nasional.

Di seluruh negara anggota Uni Eropa, kewajiban yang terkait kemitraan publik-swasta (PPP) seperti kontrak pembangunan jangka panjang dengan aset yang tidak tercatat dalam rekening pemerintah, jumlahnya di bawah 4 persen dari GDP.

Utang tak tercatat dari proyek-proyek PPP ini cukup tinggi di Slovenia dan Portugal. Bahkan di Slovenia jumlah kredit bermasalah terkait proyek semacam ini cukup tinggi yaitu 5,9 persen dari GDP negeri itu.

Jika dibandingkan dengan seluruh negara anggota Uni Eropa maka rasio utang terhadap GDP Indonesia masih jauh lebih baik.

Hingga Juni 2017, utang pemerintah Indonesia mencapai Rp 3.706,52 triliun dengan rasio utang sebesar 27,02 persen dari GDP.

Baca juga : Risiko Meningkat, S&P Pangkas Peringkat Utang China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com