Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Macron Ingatkan Turki untuk Tidak Menginvasi Suriah

Kompas.com - 31/01/2018, 22:20 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Rabu (31/1/2018) menyampaikan agar operasi militer yang dilancarkan Turki di wilayah Suriah tidak berubah menjadi sebuah tindakan invasi.

"Jika operasi yang dilakukan menjadi lebih dari sekadar melawan ancaman potensial teroris di perbatasan Turki dan menjadi operasi invasi, maka kami bermasalah dengan hal tersebut," kata Macron kepada harian Le Figaro.

Operasi militer Turki yang dilancarkan melintasi perbatasan melawan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) di kota Afrin, Suriah telah memasuki hari ke-12.

Presiden Recep Tayyip Erdogan pada pekan lalu bahkan mengancam akan memperluas serangan hingga kota Manbij. Hal itu membuat hubungan negara itu dengan sekutu NATO-nya semakin tegang.

Baca juga: Erdogan Ancam Bakal Perluas Operasi Militer di Suriah ke Kota Lain

Menanggapi pernyataan Macron, Perdana Menteri Turki Binaldi Yildirim menegaskan bahwa anggapan Turki telah melakukan invasi adalah sebuah kesalahan besar.

Dia menegaskan, operasi militer yang dilancarkan hanya bertujuan mendesak dan mengusir milisi YPG dari kota Afrin.

Ankara telah sejak lama melabeli milisi YPG sebagai organisasi teror yang bersekutu dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang telah dilarang di Turki.

"Seluruh dunia mengetahui, atau seharusnya mengetahui, jika Turki tidak terlibat dalam invasi," tegasnya kepada reporter di Ankara.

Sebelumnya pada Selasa (30/1/2018), Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian telah mengecam seandainya operasi militer yang dilancarkan Turki di Suriah berubah menjadi operasi pendudukan.

"Jika intervensi Turki di Suriah berubah menjadi pendudukan wilayah Suriah, maka hal itu akan menjadi benar-benar tercela," kata Le Drian.

Baca juga: Medan Perang Suriah Jadi Kuburan Tank Leopard Milik AD Turki

Sementara, Presiden Macron mendesak kepada negara-negara Eropa dan sekutunya untuk berdiskusi dan mengambil keputusan, tanpa menjelaskan tindakan yag dimaksud, atas situasi di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com