Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Sebuah Desa di Jerman lewat Lelang, Pria Ini Menyesal

Kompas.com - 31/01/2018, 18:38 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com - Masih ingat dengan sebuah desa di Jerman yang dijual melalui rumah lelang pada Desember 2017 lalu? Rumah lelang sebenarnya telah mendapat pemenang untuk desa tersebut, namun setelah melihat kondisi desa secara langsung, dia menyesal mengikuti lelang.

Pria yang dirahasiakan identitasnya itu memenangi lelang penjualan desa Alwine, yang terletak di negara bagian Brandenburg, wilayah timur Jerman dengan penawaran harga 140.000 Euro (sekitar Rp 2,3 miliar).

Namun, dilaporkan media setempat, pria yang memenangi lelang mengaku menyesal dan kini tengah berupaya mundur dari kesepakatan. Dia beralasan dirinya tidak berkompeten secara hukum atas desa tersebut.

Baca juga: Desa di Jerman Ini Dilelang Mulai dari Harga Rp 2 Miliar

Desa yang berjarak 128 kilometer dari Berlin itu pada Desember 2017 dijual melalui rumah lelang Karhausen. Wilayah desa yang dilelang termasuk 12 bangunan, beberapa gudang serta garasi.

Papan pengumuman yang menyebut desa Alwine tengah dilelang.AFP Papan pengumuman yang menyebut desa Alwine tengah dilelang.

Kepala Rumah Lelang Karhausen, Matthias Knake, mengkonfirmasi adanya perselisihan dengan pemenang lelang tersebut.

Meski menyayangkan hal itu, Knake menyebut alasan yang digunakan tersebut cukup sering digunakan oleh pemenang lelang yang ingin membatalkan pembelian.

Baca juga: Desa di Mesir Ini Hanya Ditinggali Wanita dan Terlarang bagi Pria

Andreas Claus, Walikota Uebigau-Wahrenbrueck, tempat desa Alwine berada, mengaku dirinya menyadari kemungkinan terjadinya pembatalan itu dan dapat memahami alasan pemenang berubah pikiran.

Claus mengaku sempat bertemu dengan pembeli itu pada bulan Desember di Alwine.

Dia melihat pembeli sedikit terkejut dengan kondisi kota yang sudah dalam keadaan rusak dan bahkan semakin memburuk setelah badai baru-baru ini.

Kondisi bangunan di desa Alwine, Jerman semakin memburuk setelah diterjang badai.AFP Kondisi bangunan di desa Alwine, Jerman semakin memburuk setelah diterjang badai.

"Saya berpikir setelah dia melihatnya dan banyak hal yang terjadi dia akhirnya mengambil keputusan itu," kata Claus.

Desa Alwine saat ini ditinggali 15 orang yang kebanyakan merupakan pensiunan. Dan dengan adanya perselisihan itu, maka mereka harus menunggu lebih lama untuk mengetahui nasib tempat tinggal mereka.

Sementara kepemilikan desa masih akan berada di tangan pemilik sebelumnya, yang membeli desa tersebut secara simbolis sebesar 1 mark Jerman pada 2001.

Baca juga: Sebuah Desa di Inggris Digegerkan Aksi Perampokan Bitcoin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com