Dokumen Rahasia Pemerintah Australia Ditemukan di Toko Barang Bekas - Kompas.com

Dokumen Rahasia Pemerintah Australia Ditemukan di Toko Barang Bekas

Kompas.com - 31/01/2018, 16:55 WIB
Ilustrasi.Thinkstock Ilustrasi.

CANBERRA, KOMPAS.com - Pemerintah Australia menggelar sebuah investigasi setelah sejumlah dokumen negara super rahasia terekspos setelah tertinggal di sebuah toko barang bekas.

Lembaga penyiaran publik Australia, ABC merilis serangkaian laporan eksklusif pekan ini dengan sumber sejumlah dokumen rahasia pemerintah.

Pada Rabu (31/1/2018), ABC mengungkapkan, dokumen-dokumen rahasia yang menjadi bahan laporannya itu ditemukan terkunci di dalam lemari arsip yang dibeli dari sebuah toko barang bekas di Canberra.

ABC menyebut penemuan tak sengaja ini sebagai "kebocoran dokumen kabinet terbesar dalam sejarah Australia" sebab lemari dokumen itu berisi ratusan dokumen yang sebagian besar amat rahasia.

Baca juga : Trump Tunda Perilisan Dokumen Rahasia Pembunuhan JF Kennedy

Lemari dokumen itu dibeli dari sebuah toko yang biasa menjual perabotan bekas institusi pemerintah. Demikian penjelasan ABC.

"Harganya semakin murah karena yang kami beli adalah dua lemari besar yang terkunci dan kuncinya tak pernah ditemukan," lanjut ABC.

"Kedua lemari itu selama beberapa bulan hanya ditaruh begitu saja hingga akhirnya kuncinya kami buka dengan menggunakan bor."

ABC tidak menjelaskan nama toko atau identitas orang yang sebelumnya membeli lemari tersebut.

Dokumen kabinet Australia biasanya terbungkus rapi dan tetap menjadi rahasia negara hingga dirilis untuk publik 20 tahun setelah dokumen itu dibuat.

Dokumen-dokumen yang diperoleh ABC itu disebut berisi berbagai informasi soal kinerja pemerintah Australia selama satu dekade terakhir.

Dari penelusuran ABC mengungkapkan bahwa:

  • Kepolisian Federal Australia kehilangan hampir 400 dokumen terkait keamanan nasional selama lima tahun terakhir.

 

  • Pemerintahan PM Tony Abbott pernah mempertimbangkan untuk tidak memberikan tunjangan kesejahteraan bagi warga di bawah usia 30 tahun.

 

  • Pemerintahan PM John Howard pernah mempertimbangkan untuk mencabut hak menutup mulut saat seseorang menjalani pemeriksaan di kepolisian.

Baca juga : Prajurit Pembocor Dokumen Rahasia Militer AS Segera Dibebaskan

Penemuan tak sengaja tumpukan dokumen pemerintah ini mendapatkan reaksi beragam dari netizen di Australia tetapi rata-rata mereka "meledek" keteledoran pemerintah.



EditorErvan Hardoko
SumberBBC
Komentar

Close Ads X