Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Monowi, Kota di AS dengan Penduduk Hanya Satu Orang

Kompas.com - 30/01/2018, 20:29 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber BBC

LINCOLN, KOMPAS.com - Sekitar delapan kilometer dari perbatasan Dakota Selatan dan Nebraska, AS, seruas jalan tanah membelah padang rumput menuju ke pusat kota Monowi.

Di pusat kota ini terlihat sebuah bangunan gereja telantar, yang ruangannya kini dipenuhi tumpukan ban traktor.

Di seberangnya terdapat besi berkarat yang dulunya adalah mesin pengangkut gandum. Sementara di sisi lain rerumputan tumbuh di sekitar beberapa sisa rumah yang mulai hancur.

Dan di salah satu bangunan bercat putih yang mulai terkelupas, Elsie Eiler (84) membolak-balik potongan daging dan membuka beberapa botol bir untuk sepasang tamu.

Baca juga : Kota Kecil Catalonia Ini Sudah 350 Tahun Merdeka dari Spanyol

Saat suami Elsie, Rudy meninggal dunia pada 2004, dia tak hanya mewariskan sebuah restoran untuk istrinya, tetapi dia mewariskan seluruh kota Monowi.

Menurut badan sensus AS, Monowi adalah satu-satunya kota di Amerika Serikat yang tercatat hanya memiliki satu orang penduduk.

Elsie bukan hanya warga, tetapi dia juga adalah wali kota, pegawai, bendahara, pustakawan, penjaga bar, dan satu-satunya orang yang tinggal di kota kecil itu.

Sebagai satu-satunya warga kota Monowi, Elsie selalu memasang pemberitahuan di satu-satunya tempat usaha di kota itu, bar miliknya.

Dia mengumumkan pemilihan wali kota dan lalu perempuan itu memilih dirinya sendiri.

Agar tetap mendapatkan anggaran dari negara bagian, Elsie harus membuat rencana tahunan dan mengumpulkan pajak sebesar 500 dolar per tahun agar lampu dan air bersih tetap beroperasi di kota itu.

Dari mana Elsie mendapatkan pajak kota? Ya, dari kantongnya sendiri.

Baca juga : Cerita Kota Kecil di China dengan Julukan iPhone City

"Saat saya mengurus izin untuk penjualan minuman keras dan tembakau tiap tahun, pemerintah mengirimkan dokumen perizinan itu kepada sekretaris kota, yaitu saya sendiri," ujar Elsie.

"Jadi saya mengambil dokumen itu sebagai sekretaris, menandatanganinya dalam kapasitas pegawai pemerintah, dan memberikannya kepada diri saya sendiri sebagai pemilik bar," tambah dia.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com