Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Korut Peraih Medali Olimpiade Dijanjikan Rumah dan Mobil Mewah

Kompas.com - 29/01/2018, 16:17 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

PYONGYANG, KOMPAS.com — Menjelang Olimpiade musim dingin di Korea Selatan, para atlet Korea Utara diperkirakan bakal berusaha keras untuk mendapatkan medali.

Sebab, jika mendapatkan medali, mereka berpeluang mendapat ganjaran berupa apartemen gratis hingga mobil mewah.

Mereka juga bisa mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Nasional dan Pahlawan Pekerja. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pekerjaan saat pensiun sebagai atlet.

Mantan atlet Korea Utara, Lee Ji Young, yang kini tinggal di Korea Selatan, mengatakan, anak-anak dengan bakat olahraga biasanya dibawa ke Pyongyang sejak berusia empat tahun untuk menjalani latihan keras selama beberapa tahun.

Baca juga: Selama Olimpiade Musim Dingin, AS Tidak Akan Bertemu Korut

Tak hanya itu, para atlet tersebut juga tak diizinkan menikah hingga usia pertengahan 20-an. Namun, sebagai kompensasi, mereka mendapatkan makanan yang lebih baik dan gaji tiga kali lebih besar dari pendapatan umum rakyat Korea Utara.

"Para atlet Korea Utara mendapatkan rumah, makanan, seragam, peralatan olahraga, dan hal-hal lainnya," kata Lee kepada situs berita Daily NK.

"Mereka juga bisa mendapatkan daging dalam jumlah besar. Intinya, kehidupan para atlet jauh lebih baik di bawah Kim Jong Un," tambah dia.

Kondisi yang lebih baik ini, ujar Lee, disebabkan Kim Jong Un amat menyukai olahraga, seperti ski dan bola basket, sehingga status para atlet meningkat pada masa pemerintahan putra Kim Jong Il itu.

"Tak banyak atlet Korea Utara yang mendapatkan medali di kancah internasional sehingga memberikan penghargaan menjadi amat penting," lanjut Lee.

"Pertama, mereka akan otomatis menjadi anggota Partai Pekerja serta mendapatkan gelar kehormatan sebagai pahlawan," tambah dia.

Lee melanjutkan, para atlet juga mendapatkan apartemen di Pyongyang dan terkadang mobil mewah, seperti Mercedes Benz.

"Kehidupan seorang atlet bisa berubah drastis saat dia memenangkan medali. Namun, bagi sebagian besar atlet, bisa berkompetisi di luar negeri sudah merupakan hal terpenting," ujar Lee.

Baca juga: Kedua Korea Sepakat Kirim Tim Hoki Gabungan ke Olimpiade Musim Dingin

Namun, mendapatkan medali di Olimpiade musim dingin bukan perkara mudah karena sejak ikut serta pertama kali pada 1964, Korea Utara baru mendapatkan satu medali perak dan satu perunggu di cabang ski.

Sementara di Olimpiade musim panas, sejauh ini prestasi Korea Utara jauh lebih baik dengan total mendapatkan 56 medali, termasuk 16 medali emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com