Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Temukan Donor Ginjal Berkat Foto Kaus Miliknya Viral

Kompas.com - 26/01/2018, 17:21 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

Sumber CNN

BROOKLYN, KOMPAS.com - Robert Leibowitz (60) telah menderita penyakit ginjal kronis selama 15 tahun. Saat ini ginjalnya hanya berfungsi lima persen dan harus segera mendapat donor untuk transplantasi.

Leibowitz telah mencoba mendapat bantuan melalui jalur konvensional dengan mendaftar sebagai penerima donor ginjal di sejumlah rumah sakit.

Dan dia telah terdaftar dalam antrean selama empat tahun. Namun masalahnya, ketersediaan donor ginjal yang biasanya didapat dari pendonor yang sudah meninggal sangat terbatas.

Daftar tunggu untuk donor ginjal tersebut mencapai 10 tahun. Dan Leibowitz khawatir dirinya tidak memiliki banyak waktu tersisa untuk itu.

Baca juga: Ronaldo Tak Mau Memiliki Tato karena Rutin Donor Darah

Dalam keputusasaan, Leibowitz memutuskan mencari sendiri seseorang yang mau mendonorkan ginjal untuknya. Cara yang digunakannya adalah melalui pesan yang dicetak pada kaus miliknya.

Kaos bertuliskan pesan "Membutuhkan Ginjal. O Positif" dilengkapi nomor teleponnya dia kenakan saat berjalan-jalan, seperti saat ke taman atau ke Disneyland.

"Saya tidak memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Ketika Anda merasa putus asa, terkadang Anda akan bisa melakukan apapun," kata Leibowitz kepada CNN.

Setelah seminggu mengenakan kaus itu ke mana pun dia pergi, mulai muncul harapan.

Saat sedang berjalan-jalan ke Disneyland, salah seorang wisatawan mengambil fotonya dari belakang dan mengunggahnya di Facebook.

Baca juga: Kelompok Donor di Desa Ini Sudah Sumbangkan 9.287 Kantong Darah

Dalam sehari, foto tersebut telah dibagikan hingga 32.000 kali. Dan di akhir pekan, total sebanyak 90.000 kali foto itu dibagikan para pengguna internet.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu Leibowitz datang, pesan yang menyebut kesediaan menjadi donor untuknya. Tiga orang akhirnya bersedia menjadi donor dan siap melakukan tes.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com