Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Rumah Sakit di Korea Selatan, 31 Orang Dilaporkan Tewas

Kompas.com - 26/01/2018, 08:32 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


MILYANG, KOMPAS.com - Sebanyak 31 orang tewas dalam peristiwa kebakaran yang melanda sebuah rumah sakit, di Milyang, Korea Selatan, pada Jumat (26/1/2018).

Sebelumnya, korban tewas dilaporkan sebanyak 15 orang dan lebih dari 40 orang terluka.

"Dua perawat mengatakan mereka melihat api menyala di ruang gawat darurat," kata kepala pemadam kebakaran, Choi Man-Woo. Namun, penyebab munculnya api belum diketahui.

Api dicurigai berasal dari ruang gawat darurat di lantai satu, di gedung utama rumah sakit Sejong, sekitar 280 km dari tenggara Seoul.

Baca juga : Gedung Pusat Kebugaran di Korsel Terbakar, 28 Orang Tewas

Kebakaran terjadi pada pukul 07.30 waktu setempat. Dengan berupaya masuk ke dalam gedung karena asap yang tebal, petugas pemadam kebakaran berhasil mematikan api dalam waktu 1 jam 40 menit.

Pihak berwenang menyatakan 38 orang telah dipindahkan, termasuk pasien. Mereka dipindahkan ke empat rumah sakit terdekat.

Sebanyak 93 orang dari panti jompo yang berada di gedung utama juga sudah dievakuasi. Sementara, 100 pasien diperkirakan masih berada di dalam gedung rumah sakit saat terjadi kebakaran.

"Korban berasal dari pasien rumah sakit dan panti jompo. Beberapa meninggal saat perjalanan menuju ke rumah sakit lain," kata Choi.

Baca juga : Pakar Asal Korea Selatan Sebut Ginjal Kim Jong Un Bermasalah

Otoritas setempat belum merilis identitas korban.

Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-Yeon meminta pemerintah setempat untuk memobilisasi semua sumber daya yang ada untuk menyelamatkan korban.

Lee juga memerintahkan menteri dalam negeri, kepala pemadam kebakaran nasional, dan menteri kesehatan untuk mengerahkan semua peralatan dan personel untuk mengamankan gedung dan mengevakuasi korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com