Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menangi Gugatan, Kucing Pemarah Ini Hasilkan Uang Rp 9,4 Miliar

Kompas.com - 25/01/2018, 11:00 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


SACRAMENTO, KOMPAS.com — Seekor kucing yang menjadi sensasi internet karena ekspresi suramnya telah memenangi uang senilai 710.000 dollar Amerika Serikat atau Rp 9,4 miliar dalam gugatan kasus hak cipta.

"Grumpy Cat" atau si kucing pemarah, yang memiliki nama asli Tardar Sauce, menjadi viral setelah muka murung permanennya tersebar di media sosial.

Tidak hanya itu, popularitasnya telah membuatnya menghasilkan film Natal serta tampil di televisi dan berbagai barang, termasuk mainan dan pakaian.

Baca juga: Kucing Juga Ada yang Kidal, Sains Membuktikannya

Dilansir dari The Guardian, Kamis (25/1/2018), dalam sebuah persidangan di pengadilan federal California, AS, Grumpy Cat melalui pemiliknya menggugat perusahaan kopi Grenade setelah mereka melanggar persyaratan kesepakan mengenai penggunaan gambar kucing.

Pada 2013, pemilik Grenade memiliki kontrak senilai 150.000 dollar AS atau Rp 1,9 miliar dengan Grumpy Cat untuk menyajikan minuman kopi es Grumppucino yang menampilkan gambar kucing itu.

Pemilik kucing menyatakan, perusahaan kopi telah melanggar hak cipta dan merek dagang saat menjual kopi dan kaus Grumppucino.

Baca juga: Polisi Inggris Tangkap Pelaku Mutilasi Kucing

Namun, perusahaan kopi menyebut Grumpy Cat tidak memenuhi kesepakatan untuk mempromosikan minuman tersebut di media sosial.

Hakim memutuskan kucing tersebut memenangi gugatan dan meminta perusahaan kopi membayar ganti rugi senilai Rp 9,4 miliar.

Menurut Courthouse News, kucing berusia enam tahun itu dibawa ke pengadilan selama persidangan, tetapi tidak hadir dalam sidang putusan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com