Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2018, 21:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

ANCHORAGE, KOMPAS.com - Peringatan dini tsunami yang dikeluarkan setelah gempa bumi dengan magnitudo 7,9 di pesisir Alaska, Amerika Serikat telah dicabut.

Gempa mengguncang Alaska pada Selasa (23/1/2018) dini hari pukul 00.31 waktu setempat. Pusat gempa diketahui berada di 300 kilometer sebelah tenggara Kodiak di kedalaman 10 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami AS mengeluarkan peringatan akan datangnya gelombang tsunami yang berarti terjadi ketinggian air sedikit di atas normal.

Baca juga: Warga Alaska Diminta Bersiap Hadapi Serangan Nuklir Korut

Gelombang kurang dari 30 sentimeter terdeteksi di bagian selatan Alaska. Sebagai tindak pencegahan, otoritas mengeluarkan peringatan dan mendorong penduduk untuk tetap berada di tempat yang lebih tinggi.

"Peringatan tsunami dikeluarkan menyusul terjadinya gempa, namun kini sudah tidak lagi menjadi ancaman," tulis pesan yang disampaikan Pusat Peringatan Tsunami AS sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

Peringatan akan gelombang tsunami semula diberlakukan di seluruh pesisir barat Amerika, termasuk California, British Columbia (Kanada), dan Alaska.

Pemerintah kota Anchorage bahkan sudah memperingatkan warga di pesisir bahwa muncul potensi ancaman terhadap jiwa manusia dan properti warga.

Peringatan dini ancaman tsunami juga diberikan kepada sejumlah wilayah di Pasifik seperti Hawaii, Guam, dan Samoa Amerika.

Baca juga: Gempa Kuat Guncang Alaska, Berpotensi Tsunami

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com