Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Sapi, Konvoi Mobil Mewah Grace Mugabe Kecelakaan

Kompas.com - 23/01/2018, 12:02 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

HARARE, KOMPAS.com - Sejumlah mobil mewah milik mantan ibu negara Zimbabwe, Grace Mugabe dikabarkan terlibat tabrakan beruntun saat sedang dilarikan keluar dari negeri itu.

Mobil-mobil langka seperti Rolls Royce Ghost, Porshe, dan Range Rover yang jika ditotal memiliki harga sekitar Rp 4,6 miliar itu dilarikan pada malam hari menuju ke Botswana, negeri tetangga Zimbabwe.

Grace diduga berusaha "mengungsikan" mobil-mobil mewah itu karena takut kehilangan semua hartanya saat pemerintahan baru berkuasa setelah kekuasaan Robert Mugabe selama 37 tahun tumbang.

Pekan lalu, putra Grace dari pernikahan pertamanya, Russell Goreraza dan sopirnya dihentikan aparat keamanan di perbatasan Zimbabwe-Botswana selama tujuh jam.

Baca juga : Zimbabwe Selidiki Dugaan Penyuapan Gelar Doktoral Grace Mugabe

Pasukan penjaga perbatasan kemudian menanyai Russell soal kemungkinan ibunya menyelundupkan harta kekayaan berupa perhiasan dan aset lainnya di dalam rombongan mobil mewah itu.

Penjaga perbatasan juga menghubungi kantor Robert Mugabe dan menanyai Grace lewat telepon sebelum akhirnya rombongan Russell diizinkan melintasi perbatasan.

Namun, beberapa jam setelah melintasi perbatasan, iring-iringan mobil mewah itu terlibat dalam kecelakaan lalu lintas ketika sekumpulan hewan ternak melintas di jalan raya yang dilalui rombongan itu.

"Ada rombongan sapi menyeberang jalan, lalu mobil di depan saya berhenti mendadak. Saya melihat di kaca spion, ada sebuah mobil tergelincir di tengah jalan," kata Orabile Tebegano, seorang pengemudi yang kebetulan berada di ruas jalan yang sama kepada situs ZimEye.com.

"Mobil yang tergelincir itu sebuah Corolla dan menghantam sebuah Porsche dan Range Rover," tambah Tebegano.

Sejumlah foto di media sosial kemudian memperlihatkan sebuah mobil Rolls Royce Ghost seri II berwarna hitam dan putih berada di belakang sebuah mobil pikap.

Ternyata, mobil mewah itu menabrak pikap tersebut dari belakang dalam insiden tabrakan beruntun itu.

Foto-foto itu langsung disambut para "haters" Grace Mugabe yang melihat kecelakaan itu sebagai harga yang harus dibayar istri sang diktator yang dikenal amat royal berbelanja itu.

Hanya beberapa bulan sebelum suaminya digulingkan, ibu tiga anak yang berambisi melanjutkan kekuasaan suaminya itu, masih melakukan belanja gila-gilaan.

Dia diketahui juga membeli sejumlah rumah mewah, batu-batu mulia, dan sederet mobil mewah.

Baca juga : Benarkah Tentara Zimbabwe Sudah Tangkap Grace Mugabe?

Grace lalu membeli 48 hektar tanah di ibu kota Harare dan membangun jaringan sekolah swasta yang akan menggunakan namanya.

Dia juga memiliki sejumlah rumah dan mobil mewah yang berada di kawasan elite Sandhurst, Johannesburg, Afrika Selatan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com