Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Rilis Video Propaganda Teror Pakai Potongan Film Hollywood

Kompas.com - 19/01/2018, 20:01 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Meski telah terusir dari Irak dan Suriah, namun sel-sel ISIS masih terus menebar ancaman. Sebuah video propaganda pun kembali dirilis kelompok teroris itu.

Dalam video berdurasi sekitar tiga menit itu menggambarkan rencana ISIS yang akan menyerang sejumlah lokasi-lokasi strategis di AS dan juga Inggris.

Menggunakan persenjataan berat bahkan kendaraan perang dan pesawat tempur, mereka menyerang jembatan Chelsea di London hingga Gedung Putih.

Tapi hampir semua gambar yang ditampilkan dalam video propaganda tersebut, ternyata mengambil dari potongan film Hollywood.

Baca juga: Dituduh Terlibat Propaganda Teroris, Lima Jurnalis Turki Dihukum Penjara

Film yang dipakai dalam video propaganda tersebut adalah film berjudul Olympus Has Fallen, yang menceritakan penyerangan ke Gedung Putih, serta sekuelnya, London Has Fallen yang menceritakan serangan teror di kota London.

Potongan-potongan adegan dalam dua film tersebut disusun seperti sebuah rencana serangan yang sesungguhnya. Ditambahkan narasi yang mengancam.

Bahkan pada beberapa adegan, terlihat lambang ISIS yang tampak jelas 'ditempelkan'.

Walaupun jelas menampilkan adanya pembajakan film dalam video tersebut, namun pesan yang ditampilkan dengan penggambaran lokasi yang jelas dikhawatirkan tetap dapat memberikan dampak.

Raphael Gluck dari kelompok pemantau Jihadoscope mengatakan pada Mail Online, walaupun video propaganda itu terkesan bodoh, namun bagi pendukung ISIS bisa jadi memberikan harapan.

"Bisa jadi video itu akan menginspirasi seseorang untuk lebih berani dan melancarkan serangan," kata Gluck.

Baca juga: Media Propaganda ISIS Sempat Menghilang Satu Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com