Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Potong Dana Bantuan, Belgia Sumbang Rp 310 M untuk Palestina

Kompas.com - 19/01/2018, 11:26 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BRUSSEL, KOMPAS.com - Keputusan AS yang memangkas dana bantuan untuk organisasi pengungsi Palestina, UNRWA, mulai mendapat tanggapan dari negara lain.

Setelah PBB yang menyerukan kepada negara-negara anggotanya untuk memberikan bantuan, kini Belgia menjawab panggilan itu.

Belgia menjanjikan akan memberikan tambahan dana bantuan untuk UNRWA sebesar 19 juta Euro (sekitar Rp 310 miliar).

Keputusan itu diumumkan hanya berselang satu hari setelah AS yang memastikan memangkas dana bantuan untuk UNRWA tahun ini sebesar 65 juta dolar AS (sekitar Rp 928 miliar).

Baca juga: Trump Bekukan Sumbangan Rp 865 miliar untuk Rakyat Palestina

Wakil Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo, yang juga menangani bantuan internasional mengatakan, UNRWA merupakan harapan terakhir bagi banyak warga Palestina.

"Saya sangat menghormati pekerjaan UNRWA yang harus tetap beroperasi dalam situasi yang paling sulit dan berbahaya. Kondisi hidup di Gaza, Suriah, Tepi Barat dan tempat lain di kawasan ini sangat sulit," kata De Croo dikutip The Independent.

"Bagi banyak pengungsi Palestina, UNRWA adalah harapan terakhir."

"Dengan bantuan UNRWA, setengah juta anak-anak Palestina bisa bersekolah dan akan mencegah mereka terjerumus ke radikalisasi atau kekerasan ekstrem," tambahnya.

Pemerintah Belgia mengatakan, tahap pertama dana bantuan tersebut akan segera diberikan mengingat kondisi yang sudah sangat mendesak.

AS sebagai pemberi bantuan terbesar UNRWA, pada tahun ini memutuskan memangkas lebih dari separuh anggaran.

Dari paket bantuan senilai 125 juta dolar AS (sekitar Rp 1,78 triliun), Presiden Donald Trump hanya mengesahkan 60 juta dolar AS atau sekitar Rp 857 miliar.

Baca juga: Sumbangan Dibekukan AS, Badan PBB Urusan Pengungsi Palestina Lakukan Ini

Badan milik PBB itu sudah terlanjur membangun puluhan kamp bagi guru dan pengungsi melebihi yang dibutuhkan dalam beberapa pekan terakhir dengan alasan pengiriman paket bantuan dari AS akan tertunda.

UNRWA didirikan pada tahun 1949 yang bertujuan memberikan bantuan kepada pengungsi Palestina, yang pada saat itu berjumlah sekitar 700.000 setelah Perang Arab-Israel 1948.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com