Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emirates Pesan 36 Buah A380, Airbus Bisa Bernapas Lega

Kompas.com - 18/01/2018, 20:11 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

DUBAI, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Emirates Airlines meneken pembelian 36 buah pesawat Airbus A380 bernilai 16 miliar dolar AS atau sekitar Rp 213 triliun, Kamis (18/1/2018).

Perjanjian ini disepakati hanya beberapa hari setelah perusahaan dirgantara Eropa itu mengatakan tanpa pesanan baru maka produksi A380 akan dihentikan.

Emirates mengatakan, telah memastikan pemesanan 20 unit pesawat dengan dek ganda dengan opsi tambahan 16 unit lagi. Pengiriman pesanan baru ini dijadwalkan dimulai pada 2020.

Emirates Airlines saat ini merupakan maskapai penerbangan dengan jumlah armada A380 terbesar yaitu 101 buah yang sudah beroperasi dan 41 lainnya tengah dipesan.

Baca juga : Jika Emirates Berhenti Membeli, Airbus Hentikan Produksi A380

"Pemesanan ini akan memberikan kestabilan bagi produksi A380," kata Direktur utama sekaligus CEO Emirates, Sheikh Ahmed bin Saeed al-Maktoum.

"Kami mengakui Emirates mengalami kesuksesan besar dengan menggunakan A380," tambah Sheikh Ahmed.

"Pelanggan kami menyukai pesawat ini dan kami bisa menggunakannya dalam untuk berbagai tujuan dalam jaringan kami, sehingga memberi kami fleksibilitas dalam hal jarak dan tipe penumpang," tambah dia.

Maskapai yang berbasis di Dubai ini melanjutkan, dengan pemesanan bari tersebut Emirates akan memiliki 178 buah pesawat A380 dengan nilai total 60 miliar dolar AS.

Kesepakatan ini awalnya direncanakan diteken pada Dubai Air Show November tahun lalu tetapi ditunda tanpa penjelasan di tengah kabar alotnya negosiasi.

Saat itu, Emirates justru memesan 40 buah Boeing Dreamliner bernilai total 15 miliar dolar AS.

Pada 2007, Airbus berniat membuat A380 bisa membawa 853 penumpang dan dipasarkan sebagai pesawat yang lebih efisien yang bisa digunakan dlam penerbangan jarang menengah atau jauh.

Namun, secara ekonomis pengoperasioan pesawat bermesin empat itu ternyata tak terlalu menguntungkan. Setiap penerbangan A380 harus terisi penuh agar perusahaan bisa mendapatkan untung.

Baca juga : Sepanjang 2017, Airbus Berhasil Jual 718 Unit Pesawat Komersil

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com