Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Inggris Kini Ada Menteri Urusan Warga Kesepian

Kompas.com - 17/01/2018, 19:39 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Perdana Menteri Inggris Theresa May telah menunjuk seorang politisi untuk menduduki jabatan menteri dengan pekerjaan unik.

Menteri ini nantinya akan bekerja berkaitan dengan urusan membantu warga Inggris yang kesepian sebagai dampak dari gaya hidup modern.

PM May menunjuk Tracey Crouch, Menteri Olahraga dan Komunitas Sipil, untuk memimpin kelompok antardepartemen menciptakan kebijakan yang terkait dengan "masalah kesepian" ini.

Langkah ini menyusul laporan komisi Jo Cox, yang diambil dari nama anggota parlemen asal Partai Buruh yang tewas dibunuh pada 2016.

Baca juga: Kesepian, Nenek Ini Tawarkan Uang untuk Gadis yang Mau Jadi Putrinya

Politisi ini dikenal dengan kampanye terkait masalah kesepian yang menghinggapi warga Inggris.

Hasil laporan itu menyebut jutaan orang di Inggris merasa kesepian yang oleh PM May dianggap sebagai realitas menyedihkan di kehidupan modern.

"Saya ingin menghadapi tantangan ini untuk masyarakat dan kita semua harus mengambil langkah dalam menghadapi rasa kesepian yang dirasakan para orang tua, mereka yang kehilangan anggota keluarga, atau sekadar orang yang tak punya kawan bicara," ujar PM May.

Sementara itu, Tracey Crouch akan merancang sebuah strategi nasional untuk mengatasi masalah yang menimpa warga berbagai usia ini.

"Kami paham ada dampak nyata dari isolasi sosial dan kesepian terhadap manusia, tak hanya terhadap kondisi fisik dan mental mereka, tetapi juga dalam aspek sosial lainnya," ujar Tracey.

Diperkirakan 2 juta warga berusia 75 tahun ke atas di seluruh Inggris tinggal sendirian.

Para manula ini bisa berhari-hari bahkan hingga beberapa pekan tak mengalami interaksi sosial sama sekali.

Baca juga: Kera Betina Kesepian Akhirnya Dapat Teman Kencan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com