Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Ingin Tampilkan Girlband Korut di Olimpiade Musim Dingin

Kompas.com - 14/01/2018, 15:10 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara ingin menampilkan pertunjukkan seni saat pembukaan ajang Olimpiade Musim Dingin di Pyoengchang, Korea Selatan Februari mendatang.

Di antara artis yang ingin ditampilkan, kemungkinan Pyongyang akan mengajukan girlband sekaligus kelompok musik kenegaraan mereka, Moranbong.

Dikutip dari New York Post, dugaan tersebut muncul setelah ketua Moranbong, Hyon Song Wol, disebut akan menjadi satu dari empat delegasi Korea Utara dalam pertemuan lanjutan kedua negara, Senin (15/1/2018).

Moranbong adalah kelompok musik yang beranggotakan 20 wanita yang dipilih langsung oleh pemimpin tertinggi Kim Jong Un dan dibentuk pada 2012 lalu. Selain penyanyi, para pemusik Moranbong semuanya adalah wanita.

Baca juga: Korut Ikuti Olimpiade Musim Dingin, AS Ingatkan Lagi Sanksi PBB

Kelompok musik ini membawakan sejumlah lagu andalan yang bertemakan kebanggaan terhadap Korea Utara dan pemimpin tertinggi mereka.

Moranbong juga pernah tampil di sebuah panggung besar pada Juli 2017 lalu merayakan keberhasilan Korea Utara meluncurkan misil balistik Hwasong-14.

Menjawab usulan delegasi Korea Utara yang ingin mengirimkan sejumlah penampil dalam kontingennya, Seoul pun mengutus Menteri Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata untuk mempertimbangkan pengajuan Pyongyang.

Sementara dari Seoul menawarkan kepada Korea Utara untuk melakukan parade bersama di upacara pembukaan, meski belum disetujui oleh Pyongyang.

Namun sebelum semua rencana tersebut dapat terealisasikan, lebih dulu harus menunggu hasil pertemuan Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Swiss pada 20 Januari mendatang.

Pertemuan itu digelar karena Korea Utara pada dasarnya terlambat menyampaikan keikutsertaannya di ajang Olimpiade Musim Dingin yang ditutup pada 31 Oktober 2017 lalu.

Baca juga: Korsel Perkirakan 500 Orang Korut Datang ke Olimpiade Musim Dingin

Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang akan menjadi momen kembalinya Korea Utara setelah terakhir kali mereka mengirimkan kontingen pada 1992.

Di Pyeongchang, Pyongyang berencana mengirimkan wakil untuk cabang olahraga seluncur es putra dan hoki es putri. Juga di nomor berpasangan figure skating.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com