Uni Afrika: Trump Harus Minta Maaf atas Komentarnya - Kompas.com

Uni Afrika: Trump Harus Minta Maaf atas Komentarnya

Kompas.com - 13/01/2018, 13:07 WIB
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berbicara di Springfield, Missouri, pada 30 Agustus 2017. (Foto:Dokumentasi)AFP Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berbicara di Springfield, Missouri, pada 30 Agustus 2017. (Foto:Dokumentasi)

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Organisasi yang mewakili negara-negara Afrika telah meminta agar Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta maaf atas umpatannya terhadap negara di benua itu dengan "lubang kotoran".

Perwakilan Uni Afrika di Washington DC mengatakan administrasi Trump salah memahami orang-orang Afrika. Trump membuat pernyataan itu dalam sebuah pertemuan pada Kamis (11/1/2018) mengenai imigrasi. Tapi Trump menyangkal telah menggunakan bahasa tersebut.

Penyangkalannya itu didukung oleh dua orang Partai Republik yang ikut di pertemuan Gedung Putih itu, namun Senator Demokrat Dick Durbin mengatakan Trump beberapa kali menyebut negara-negara Afrika dengan "lubang kotoran" dan menggunakan kalimat yang "rasis".

Baca juga : Trump Sebut Haiti dan Afrika Wilayah Busuk

Namun, Uni Afrika tetap menganggap ucapan Trump telah mencemarkan penghormatan terhadap keragaman dan martabat manusia.

"Sementara kami mengungkapkan keterkejutan, kekecewaan dan kemarahan kami, Uni Afrika sangat percaya bahwa ada kesalahpahaman besar mengenai benua Afrika dan rakyatnya oleh pemerintahan saat ini," kata organisasi tersebut.

"Ada kebutuhan serius untuk dialog antara Pemerintah AS dan negara-negara Afrika," tambahnya.

Organisasi Uni Afrika mewakili 55 negara anggota di seluruh benua. Organisasi ini merupakan kelanjutan Organisasi Persatuan Afrika yang berasal dari perjuangan dekolonisasi pada awal 1960-an hingga 2002.

Baca juga : Bagaimana Media di Dunia Menerjemahkan Umpatan Trump?

Sebelumnya, Trump diduga melontarkan kata umpatan saat anggota parlemen mengunjunginya untuk membahas sebuah proposal bipartisan yang akan memberlakukan pembatasan baru mengenai imigrasi.

"Kenapa orang-orang dari negara-negara 'lubang kotoran' datang ke sini?" kata Trump kepada anggota legislatif, seperti dikutip Washington Post.

EditorVeronika Yasinta
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM