Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin: Kim Jong Un Menang "Ronde Pertama" dari Trump

Kompas.com - 12/01/2018, 12:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky,CNBC

MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un memenangkan "ronde awal" dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Pernyataan itu dilontarkan Putin di sela-sela memimpin rapat di Moskwa.

Dikutip dari Sky News, Kamis (11/1/2018), Putin mengatakan bahwa Kim telah membuat Trump dan seluruh pejabat di AS kalang kabut.

Sebab, selain mempunyai senjata nuklir, Korut juga memiliki rudal balistik antar-benua (ICBM) dengan jarak tempuh hingga 13.000 kilometer.

Baca juga: Trump: Saya Mungkin Punya Hubungan Baik dengan Kim Jong Un

Putin menyebut adanya ICBM bernama Hwasong-15 tersebut bisa menghantam hampir berbagai belahan dunia mana pun.

Apalagi, Sky News melansir, sepanjang 2017 Korut telah melakukan 16 kali uji coba terhadap 23 rudal. Tiga di antaranya berstatus ICBM.

Selain itu, pasca-uji coba Hwasong-15 29 November 2017, Kim dengan tegas mengatakan Korut telah layak disebut sebagai "negara nuklir" bersanding dengan AS dan Rusia.

"Jadi, bisa dikatakan Tuan Kim Jong Un telah memenangkan ronde pertama. Sebab, dia telah mencapai seluruh tujuan strategisnya," kata Putin.

Putin menjelaskan, apa yang dilakukan Kim tidak sekadar membuat Pyongyang dijatuhi sanksi baru dari AS dan PBB, tetapi juga memaksa Trump untuk mewacanakan dialog dengan Kim "jika waktunya tepat". Hal itu diucapkannya pada Rabu (10/1/2018).

Kini, lanjut Putin, Kim berusaha untuk mendinginkan situasi dengan mengajak Korea Selatan (Korsel) berdialog dalam pidato Tahun Baru (1/1/2018).

Bentuk keseriusan Kim dilakukan dengan bersedia mengirim kontingen untuk mengikuti Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang pada 9-25 Februari mendatang.

Selain itu, Korut juga memulihkan saluran komunikasi kedua negara yang terletak di zona demiliterisasi.

"Beliau telah menjadi pemimpin yang dewasa, matang, dan lihai," puji Putin dilansir dari CNBC News.

Baca juga: Trump Nyatakan Siap Berdialog dengan Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky,CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com