Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Ikuti Olimpiade Musim Dingin, AS Ingatkan Lagi Sanksi PBB

Kompas.com - 10/01/2018, 06:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Korea Utara dipastikan bakal berpartisipasi di ajang olahraga dunia, Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.

Kepastian tersebut didapat setelah digelarnya pertemuan tingkat tinggi antara kedua negara pada Selasa (9/1/2018) di Panmunjom, sebagai salah satu hasil.

Terkait hal itu, Amerika Serikat mengingatkan kembali tentang sanksi internasional yang tengah dijatuhkan kepada Pyongyang.

Departemen Negara Bagian AS menyambut baik hasil pertemuan yang mengizinkan keikutsertaan Korea Utara di ajang olahraga bergengsi itu.

Baca juga: Hasil Penting Pertemuan Korut-Korsel, Olimpiade dan Perdamaian

Namun AS juga berpesan agar langkah tersebut tidak menjadi panggung bagi rezim Kim Jong Un dan mengecilkan upaya pengisolasian Korea Utara.

"AS tetap akan berkonsultasi dengan pejabat Republik Korea (Korea Selatan) untuk memastikan partisipasi Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin tidak melanggar sanksi yang sedang diberlakukan oleh Dewan Keamanan PBB," kata juru bicara departemen Heather Nauert, dilansir AFP.

Nauert menambahkan, Presiden Donald Trump telah bertemu dengan pemimpin Korea Selatan Moon Jae-in pada 4 Januari.

Dalam pertemuan itu AS berkomitmen untuk ikut menjaga kesuksesan dan keamanan selama berlangsungnya olimpiade.

"Selama pertemuan keduanya juga sepakat untuk melanjutkan kampanye pemberian tekanan maksimal kepada Korea Utara demi tercapainya denuklirisasi kawasan Semenanjung Korea," tambah dia.

Baca juga: Korut Mulai Buka Dialog, PBB Harap Ada Solusi untuk Denuklirisasi

Meski demikian, departemen negara bagian AS tidak berkomentar terkait kesepakatan perundingan dan dibukanya kembali saluran komunikasi militer antara Seoul dan Pyongyang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com