Putra PM Israel Terekam Sedang Mabuk di Klub Tari Telanjang - Kompas.com

Putra PM Israel Terekam Sedang Mabuk di Klub Tari Telanjang

Ervan Hardoko
Kompas.com - 09/01/2018, 21:27 WIB
PM Israel Benyamin Netanyahu dan putranya, Yair.THOMAS COEX / AFP PM Israel Benyamin Netanyahu dan putranya, Yair.

TEL AVIV, KOMPAS.com - Putra PM Isrel Benyamin Netanyahu terekam kamera dalam kondisi mabuk di luar sebuah klub tari telanjang.

Tak hanya itu, dia juga terekam membicarakan soal kesepakatan bisnis gas alam yang memicu kegaduhan politik.

Rekaman suara Yair Netanyahu (26), yang pernah menjadi sumber kontroversi di masa lalu, dipublikasikan stasiun televisi Israel Channel 2, Senin (8/1/2018) malam.

Dalam rekaman yang disebut diambil pada 2015 itu, Yair terdengar berbicara dengan putra Kobi Maimon, pemilik perusahaan yang mempunyai saham di ladang gas lepas pantai Tamar.

"Ayah saya sedang merencanakan uang 20 juta dolar AS untuk ayahmu, dan kamu bisa memberi saya 400 shekel (Rp 1,5 juta)," ujar Yair.

Baca juga : Netanyahu: Tiga Bulan, Migran Afrika Keluar dari Israel atau Dipenjara

Setelah rekaman ini dipublikasikan, Yari membuat permintaan maaf dan mengatakan saat itu dia hanya bercanda soal kesepakatan gas itu karena di bawah pengaruh alkohol.

"Pernyataan itu tidak menunjukkan diri saya atau nilai-nilai yang membesarkan diri saya," kata Yair.

"Terkait apa yang saya katakan tentang kesepakatan gas, itu sekadar bercanda. Siapapun dengan akal sehat akan mengerti," tambah dia.

PM Netanyahu menghadapi masalah politik terkait kesepakatan gas ini dengan kelompok oposisi menudingnya memberi keuntungan besar untuk perusahaan tertentu.

Pemimpin Partai Buruh Avi Gabbay mengatakan, rekaman itu merupakan sebuah noda baru dalam kasus korupsi kesepakatan penjualan gas alam.

Selain itu, kritikan juga dilontarkan terhadap personel pengawal Yair Netanyahu. Seorang pengawal yang dipekerjakan negara dikabarkan menemani Yair ke klub tari telanjang itu.

Baca juga : Diduga Lindungi Netanyahu, Israel Sahkan Peraturan Kontroversial

Sementara itu, kantor PM Netanyahu menyebut rekaman itu sebagai bagian dari upaya rendahan dalam memburu keluarganya.

"Nampaknya, semua sah jika untuk menyerang keluarga dan pemerintahan Netanyahu, termasuk menggunakan rekaman rahasia dan ilegal terhadap seorang pemuda yang kebanyakan minum alkohol," demikian PM Netanyahu.

PenulisErvan Hardoko
EditorErvan Hardoko
SumberAFP
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM