Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubai Selesai Bangun Gedung Tertinggi di Dunia pada 2020

Kompas.com - 09/01/2018, 14:57 WIB

DUBAI, KOMPAS.com - Predikat gedung tertinggi di dunia, yang selama ini dipegang Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab, dalam kurun sekitar dua tahun akan tumbang.

Predikat tersebut nantinya akan disandang sebuah gedung baru, juga di Dubai, yang selama ini biasa disebut The Tower at The Creek Harbour atau The Creek Harbour Tower.

Dengan ketinggian 928 meter, maka puncak The Creek Harbour Tower akan berada 100 meter lebih tinggi dibandingkan Burj Khalifa.

Pengembang The Creek Harbour Tower tak sekadar membangun gedung tertinggi di dunia.

Baca juga : Serunya Naik ke Burj Khalifa Dubai, Gedung Tertinggi di Dunia!

Di sekitar menara dibangun sejumlah gedung, menjadikannya menjadi semacam kompleks pencakar langit, yang bisa dihuni sedikitnya 470.000 orang. Dibangun pula sejumlah mal dan ruang-ruang budaya.

Diharapkan The Creek Harbour Tower selesai dibangun pada 2020 sebelum perhelatan pameran dunia World Expo di Dubai.

The Creek Harbour Tower dirancang arsitek Santiago Calatrava Valls, yang dikenal dengan gayanya yang futuristis seperti terlihat di kompleks sains dan seni rupa Valencia, Spanyol, dan pusat transportasi di gedung World Trade Centre yang baru di New York.

Valls antara lain membuat kebun-kebun hijau, tempat pengunjung bisa menikmati suasana kota Dubai di atas ketinggian. Dari kebun ini pula pengunjung bisa melihat pemandangan 360 derajat kota Dubai.

20 juta turis setahun

Emaar, pengembang yang membangun The Creek Harbour Tower, mengatakan 18 hingga 20 lantai teratas diperuntukkan untuk pertokoan, hotel mewah, dan fasilitas turis lainnya.

Sejumlah pihak mempertanyakan tujuan pembangunan gedung tertinggi di dunia dan kompleks pencakar langit di Dubai ini lantaran pasar properti di kota ini sedang lesu.

Jadi, siapa yang akan membeli apartemen di kompleks ini?

Direktur Emaar Properties, Mohamed Alabbar, mengatakan Dubai tak hanya melayani negara-negara di Timur Tengah yang memiliki populasi nyaris 300 juta orang.

Baca juga : Bukti Bumi Bulat, Burj Khalifa Punya 3 Zona Waktu Puasa

"Tapi juga ada 200 atau 300 juta orang di antara Afrika dan India. Jadi di pasar kami, setidaknya ada setengah miliar orang."

Salah satu prinsip yang dianut para penguasa di Dubai adalah "bangun saja dulu, pembeli nanti akan datang dengan sendirinya". Di kota ini terdapat lebih dari dua juta warga asing.

The Creek Harbour Tower adalah proyek paling ambisius sejauh ini yang dibangun di Dubai.

Berbagai proyek lain juga tengah dibangun dengan tujuan mendatangkan 20 juta wisatawan per tahun mulai 2020, meningkat dari 10 juta per tahun yang dicapai pada 2010 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com