Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Kambing di India Doyan Menyantap Rokok dan Tembakau

Kompas.com - 09/01/2018, 14:20 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebagian besar atau nyaris semua kambing di seluruh dunia menjadikan rumput atau dedaunan sebagai makanan pokok mereka.

Namun, seekor kambing milik seorang warga kota Mandya, negara bagian Karnataka, India ini memiliki selera berbeda.

Kambing ini gemar menyantap rokok dan berbagai produk yang mengandung tembakau.

Kambing ini cukup dikenal di kota Mandya, karena kerap berkeliaran di dekat warung kopi atau pasar berharap ada orang yang memberinya rokok atau tembakau.

Baca juga : Muslim Singapura Sumbang Seribuan Ekor Kambing untuk Warga Grobogan

Selain menyantap rokok, kambing inin juga amat menyukai apa yang disebut warga India sebagai "beedis", yaitu tembakau mentah yang dibungkus daun.

Yashwant, pemilik kambing unik itu, mengatakan, hewan peliharaannya tersebut pada awalnya menyantap puntung rokok yang ada di jalanan atau di tempatnya merumput.

"Sejak itu dia kecanduan tembakau dan malah menjadikan tembakau menjadi makanan sehari-harinya. Saya bahkan pernah melihat dia menjilati bungkus tembakau," ujar Yashwant.

Peternak setempat memang biasa menggunakan tembakau dalam jumlah kecil untuk menyingkirkan parasit dan cacing di perut kambing.

Jika seekor kambing jatuh sakit, sang pemilik biasanya juga memberi hewan peliharaannya tembakau dengan jumlah agak banyak.

Baca juga : Bikin Status Facebook soal Kambing Mati, Jurnalis Banglades Ditangkap

Namun, pada 2011 para peneliti menemukan bahwa tembakau berbahaya bagi hewan yang menyantapnya dan berbahaya bagi manusia yang nantinya mengonsumsi daging hewan itu.

Para peneliti mengatakan, menyantap tembakau yang mengandung nikotin bisa mengakibatkan banyak penyakit hingga kematian bagi hewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com