Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Kesehatan Trump Pekan Ini Tidak Termasuk Tes Kejiwaan

Kompas.com - 09/01/2018, 08:04 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC,AFP


WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Di tengah sejumlah pertanyaan mengenai kondisi kejiwaannya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan akan menjalani tes kesehatan fisik pada pekan ini.

Dilansir dari AFP, Gedung Putih pada Senin (8/1/2017) mengumumkan tes kesehatan mental atau kejiwaan tidak akan masuk dalam agenda pemeriksaan kesehatan Trump.

"Dia (Trump) sangat cerdas," kata juru bicara, Hogan Gidley kepada wartawan.

Trump yang berusia 71 tahun akan menjalani pemeriksaan kesehatan di rumah sakit militer Walter Reed di pinggiran kota Washington pada Jumat (12/1/2018).

Hasil tes kesehatan Trump akan dipublikasikan.

Baca juga : Pertanyaan Seputar Kondisi Kejiwaan Donald Trump

Selama kampanye presiden AS pada 2016, Trump merilis hasil tes kesehatan dari dokter lamanya, Harold Bornstein, yang menyatakan dirinya berada dalam kondisi sehat secara fisik.

Bornstein sebelumnya menulis tentang kesehatan Trump pada 2015 dengan menyatakan Trump sebagai individu paling sehat yang pernah terpilih menjadi presiden.

Peluncuran buku kontroversial berjudul  Fire and Fury: Inside the Trump White House karya jurnalis Michael Wolff memicu kekesalan Trump.

Pasalnya, buku itu menggambarkan Trump sebagai sosok tidak sabar, tidak bisa fokus, mengulang berbagai hal, dan mengoceh tanpa ujung pangkal.

Baca juga : Dubes AS untuk PBB Sebut Trump Sehat secara Mental

Dalam kicauannya di Twitter pada akhir pekan lalu, Trump menggambarkan dirinya sebagai seorang jenius yang sangat stabil dan sangat cerdas.

BBC melaporkan kondisi kejiwaan Trump menjadi penting karena apabila itu terbukti, dia bisa dilengserkan dari jabatannya sebagai presiden. Namun, tidak ada bukti-bukti konkret bahwa Trump mengalami gangguan jiwa.

Juru Bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengecam pergunjingan soal kondisi kejiwaan Trump.

"Tindakan itu memalukan dan patut ditertawakan. Jika dia tidak sehat, dia tidak mungkin duduk di sini, tidak mungkin mengalahkan sekelompok kandidat Partai Republik paling kompeten selama ini," kata Sanders.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com