Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitt Romney “Comeback” ke Politik, Kabar Buruk bagi Trump?

Kompas.com - 05/01/2018, 18:15 WIB
Ericssen

Penulis

Sumber Politico

SALT LAKE CITY, KOMPAS.com - Mantan calon presiden Partai Republik di pilpres Amerika Serikat (AS) 2012, Mitt Romney, menyatakan siap kembali ke panggung politik nasional.

Seperti dilaporkan Politico dan sejumlah media nasional AS awal pekan ini, Romney diberitakan akan maju sebagai senator dari negara bagian Utah di pemilihan senat pada November 2018.

Adapun pencalonan politisi berusia 70 ini dipastikan setelah senator petahana Orrin Hatch ,yang sudah menjabat selama 42 tahun, mengumumkan akan pensiun.

Rencana kembalinya Romney ke dunia politik memang sudah tercium sejak pertengahan 2017 lalu.

Baca juga : Usai Jamuan Santap Malam Mewah, Kini Romney Memuji-muji Trump

Pengkritik keras Presiden Donald Trump itu menunggu keputusan akhir dari Hatch yang juga merupakan Ketua Senat untuk Komisi Keuangan.

Setelah keberhasilan meloloskan undang-undang reformasi pajak Desember, Hatch yang secara pribadi menginginkan Romney menggantikannya akhirnya mengumumkan pensiun.

Tentu saja berita pencalonan Romney bukanlah hal yang disukai Trump.

Politico melaporkan, Trump secara pribadi membujuk Hatch agar tidak kembali maju sebagai senator untuk periode kedelapannya. Trump dikabarkan tidak menginginkan Romney di Senat AS.

Hubungan Trump dan Romney memang cukup buruk. Masih segar di ingatan ketika di masa pemilihan pendahuluan (primary) Partai Republik, Romney mengecam Trump sebagai seorang penipu dan sosok yang penuh kepalsuan, serta berpotensi membahayakan masa depan AS.

Walaupun begitu, kedua politisi ini mencoba memperbaiki hubungan mereka ketika Trump mempertimbangkan Romney sebagai salah satu calon menteri luar negerinya. Posisi Menlu akhirnya jatuh ke tangan Rex Tillerson.

Pengamat menilai, jika terpilih, Romney diyakini akan menjadi pengkritik keras Trump terutama kedekatan pemerintahannya dengan Rusia dan Vladimir Putin.

Mantan Gubernur Massachusetts ini diyakini akan menang mudah tanpa perlawanan berarti.

Romney adalah sosok yang sangat populer di Utah di mana dia memiliki rumah pribadi dan pernah menjadi presiden Olimpiade Musim Dingin 2002 di Salt Lake City, Utah yang sukses besar.

Sosok Romney juga populer karena dia adalah seorang penganut Mormon. 55% penduduk Utah adalah penganut Mormon.

Baca juga : Trump dan Pence Rampungkan Komposisi Kabinet, Nama Mitt Romney Disebut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Politico
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com