Helikopter Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Tewas - Kompas.com

Helikopter Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Tewas

Agni Vidya Perdana
Kompas.com - 04/01/2018, 05:34 WIB
Helikopter milik Rusia berjenis Mi-24 yang dilaporkan telah jatuh di Suriah dan menewaskan dua orang kru helikopter.Dominique Derda / AFP Helikopter milik Rusia berjenis Mi-24 yang dilaporkan telah jatuh di Suriah dan menewaskan dua orang kru helikopter.

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebuah helikopter milik militer Rusia dilaporkan telah jatuh di Suriah. Menewaskan dua orang kru, termasuk pilot helikopter tersebut.

Informasi itu disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia pada Rabu (3/1/2018), yang menyatakan, penyebab jatuhnya helikopter berjenis Mi-24 tersebut karena kesalahan teknis.

Helikopter jatuh saat dalam perjalanan menuju Hama, di barat laut Suriah pada Minggu, 31 Desember 2017.

Tidak ada tanda-tanda telah terjadi serangan hingga menyebabkan jatuhnya helikopter.

Baca juga: Rusia Kirim Pesawat Pengebom ke Indonesia, Australia Waspada

"Dua orang pilot tewas akibat helikopter yang jatuh dengan keras. Lokasi jatuhnya pesawat pada 15 kilometer dari pangkalan udara," tulis pernyataan kementerian, dikutip The New Arab.

Pernyataan tersebut juga menyebut seorang teknisi terluka saat kejadian dan telah dibawa ke pangkalan udara terdekat untuk mendapat pertolongan darurat.

Angkatan udara Rusia terlibat dalam memberikan dukungan udara kepada Suriah dalam mengatasi kelompok teroris ISIS dan juga kelompok pemberontak sejak September 2015 lalu.

Namun pada Desember 2017, Presiden Rusia Vladimir Putin, saat kunjungan ke pangkalan udara Khmeimim mengumumkan penarikan tentaranya dari Suriah.

Selama dua tahun, Rusia turut berperan dalan upaya Suriah mengalahkan ISIS, maupun kelompok teror lain, seperti Jabhat al-Nusra.

Baca juga: Putin Perintahkan Penarikan Sebagian Pasukan Rusia dari Suriah

PenulisAgni Vidya Perdana
EditorAgni Vidya Perdana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM