Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Misterius Terjadi di Vietnam, Dua Anak Kecil Tewas

Kompas.com - 03/01/2018, 17:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BAC NINH, KOMPAS.com - Sebuah ledakan terjadi di Vietnam, Rabu (3/1/2018) pagi dini hari waktu setempat, menyebabkan dua anak menjadi korban meninggal.

Mengutip dari AFP, ledakan terjadi distrik Yen Phong, provinsi Bac Ninh, di timur ibu kota Hanoi, sekitar pukul 4.30 pagi.

Ledakan menyebabkan sejumlah rumah hancur lebur dan menerbangkan puing-puing bangunan ke udara hingga beberapa ratus meter. Sejumlah rumah juga mengalami kerusakan seperti kaca dan genting pecah.

Korban jiwa setidaknya dua orang anak, yakni seorang anak laki-laki berusia satu tahun dan seorang anak perempuan berusia lima tahun.

Baca juga: Ledakan Saint Petersburg, Aksi Teror ke-5 di Rusia Sepanjang 2017

Selain dua tewas, ledakan juga menyebabkan setidaknya delapan orang mengalami luka-luka.

Salah seorang warga, Nguyen Thi Tap mengatakan pada AFP, rumahnya mengalami kerusakan parah akibat ledakan.

"Kami sangat ketakutan. Saya mengira rumah saya tersambar petir. Saya memeluk putri saya saat pintu-pintu rumah berjatuhan," kata dia.

Pihak berwajib masih menyelidiki penyebab ledakan.

Seorang pejabat lokal yang ingin dirahasiakan namanya, di daerah tempat terjadinya ledakan banyak warganya yang mencari nafkah dengan mengumpulkan kepingan logam.

Potongan logam yang dikumpulkan terkadang berasal dari sisa-sisa bom perang Vietnam dan tak jarang pekerjaan mengumpulkan sisa bom itu berakhir dengan tragedi.

Baca juga: Ledakan Petasan pada Festival Malam Natal di Kuba Lukai 39 Orang

Agustus 2017 lalu, enam orang termasuk tiga anak-anak menjadi korban tewas, setelah sebuah bom dari era perang meledak di provinsi Kanh Hoa.

Laporan saat itu menyebutkan ledakan terjadi karena pekerja yang menganggap bom sudah tak aktif dan membukanya secara paksa.

Sejak berakhirnya perang Vietnam pada 1975, lebih dari 42.000 orang menjadi korban tewas dan 62.000 lainnya terlika akibat bom, maupun rudal milik pasukan AS yang tak meledak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com