Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Jatuh dari Tebing Ketinggian 80 Meter di Peru, 36 Tewas

Kompas.com - 03/01/2018, 08:08 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


LIMA, KOMPAS.com - Sedikitnya 36 orang tewas ketika sebuah bus jatuh dari tebing di jalan sempit dekat pantai pada Selasa (3/1/2018) di Pasamayo, sekitar 70 km dari Lima, Peru.

Dilansir dari Associated Press, bus melewati jalan raya sempit yang dikenal sebagai "belokan iblis" dengan membawa 57 penumpang menuju Lima.

Sebelum jatuh menuruni lereng, bus ditabrak truk trailer. Bus berwarna itu berakhir di tepi pantai. Tubuh penumpang yang tidak bernyawa berada di antara bebatuan.

"Sangat menyedihkan bagi kami sebagai negara yang mengalami kecelakaan sebesar ini," ujar Presiden Peru, Pedro Pablo Kucynski, dalam sebuah pernyataan.

Menurut keterangan polisi, bus meluncur dari ketinggian sekitar 80 meter.

Baca juga : Dinyatakan Sudah Meninggal, Pria Peru Bangun di Upacara Pemakamannya

Tim penyelamat berjuang menarik korban. Tidak ada akses jalan yang langsung mengarah ke pantai sehingga mempersulit upaya penyelamatan.

Relawan dari pemadam kebaran Peru, Claudia Espinoza, mengatakan petugas dan polisi berhasil mengevakuasi enam korban selamat dengan luka parah ke rumah sakit terdekat dengan helikopter.

Espinoza menyatakan penumpang bus sebagian besar kembali ke Lima, setelah merayakan liburan Tahun Baru bersama keluarga di luar kota.

Jalan raya "belokan iblis" memiliki bentuk yang sempit dan sering diselimuti kabut. Belokan di sepanjang jalan tebing itu menyebabkan banyak kecelakaan.

Baca juga : Peru Kembali Usir Dua Duta Besar Korea Utara

Pengamat transportasi di Peru, Miguel Sidia, mengatakan kondisi jalan di Peru telah membaik dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, kurangnya pelatihan bagi pengemudi dan sedikitnya penegakan aturan di jalan masih menelan banyak korban jiwa setiap tahunnya.

"Sebagai orang Peru, kecelakaan ini sangat memalukan," ucapnya.

Kecelakaan lalu lintas biasa terjadi di sepanjang jalan raya di Peru, dengan lebih dari 2.600 orang tewas pada 2016. Pada November 2016, bus juga meluncur dari jembatan dan jatuh di sungai, di Andes bagian selatan.

Baca juga : Pengampunan terhadap Diktator Peru Picu Aksi Protes Massal

Pada 2015, puluhan orang tewas saat tiga bus dan truk bertabrakan di jalan raya utama.

Kecelakaan lalu lintas paling mematikan di Peru terjadi pada 2013. Sebuah bus membawa 51 orang yang kembali dari pesta di Peru tenggara terjatuh dari tebing menuju ke sungai. Seluruh penumpang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com