Bentrokan Geng Mematikan di Penjara Brasil Tewaskan 9 Orang - Kompas.com

Bentrokan Geng Mematikan di Penjara Brasil Tewaskan 9 Orang

Veronika Yasinta
Kompas.com - 02/01/2018, 15:03 WIB
Suasana setelah bentrokan terjadi di penjara Agroindustri Colonia di Kompleks Aparecida de Goiania, di kota Goiania, Brasil. (Deutsche Welle) Suasana setelah bentrokan terjadi di penjara Agroindustri Colonia di Kompleks Aparecida de Goiania, di kota Goiania, Brasil. (Deutsche Welle)


GOIANIA, KOMPAS.com — Sedikitnya 9 orang tewas dalam bentrokan yang melibatkan dua geng di salah satu penjara over penghuni di Brasil.

Dilansir dari Deutsche Welle, Selasa (2/1/2018), tawuran mulai meletus pada Senin (1/1/2018) pukul 14.00 waktu setempat di penjara Agroindustri Colonia di Kompleks Aparecida de Goiania di kota Goiania, Brasil.

Salah satu geng masuk ke wilayah geng lain. Mereka membakar kasur sebelum akhirnya unit polisi khusus memulihkan keadaan.

Namun, kebakaran itu menewaskan narapidana lain. Pemimpin keamanan publik Negara Bagian Goias, Edson Costa, mengatakan, tawuran itu bukanlah tindakan pelarian, melainkan pertarungan antargeng.

Baca juga: Ekonomi Indonesia Lebih Baik dari Brasil, Rusia, dan Afrika Selatan

Dalam laporan surat kabar lokal, Folha dee Sao Paulo, ada dua orang yang dipenggal. Sementara 14 orang terluka.

Kepala serikat penjaga penjara Negara Bagian Goias, Jorimar Bastos, mengatakan, lima petugas penjara bertugas saat insiden terjadi. Mereka bertanggung jawab atas 900 tahanan.

Sekitar 100 narapida melarikan diri dari penjara. Keluarga tahanan berkumpul di gerbang penjara untuk mencari informasi terbaru mengenai nasib anggota keluarga mereka.

Penjara kronis

Geng rival sering bertarung demi perjuangan supremasi di penjara-penjara Brasil yang penuh sesak.

Lebih dari 120 orang tewas pada 2017 dalam insiden bentrokan di penjara. Setahun yang lalu, kerusuhan terjadi di Kompleks Lembaga Pemasyarakatan Anisio Jombim di Negara Bagian Amazonas. Sebanyak 56 orang tewas dalam bentrokan itu.

Organisasi Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional berulang kali mengecam sistem penjara Brasil sebagai salah satu yang terburuk dan paling tidak manusiawi di dunia.

Baca juga: Sambil Menggendong Anaknya, Polisi Brasil Tembak Mati 2 Perampok

Penjara terlalu padat dan lingkungannya tidak sehat. Selain itu, terdapat penganiayaan dan penyiksaan di dalamnya.

Human Rights Watch menyebut krisis di sistem penjara Brasil sebagai tragedi dan situasinya seperti penjara pada abad pertengahan.

Berdasarkan data terakhir dari Kementerian Kehakiman Brasil, populasi di penjara mencapai 726.712 atau meningkat 104.000 orang sejak 2014.

Dengan begitu, populasi penjara di Brasil merupakan ketiga terbesar di dunia, di belakang Amerika Serikat dan China.

PenulisVeronika Yasinta
EditorVeronika Yasinta
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM