Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus: Jangan Padamkan Harapan Para Imigran dan Pengungsi

Kompas.com - 02/01/2018, 12:33 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN


VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menyoroti perjuangan para imigran dan pengungsi dalam pesannya untuk menyongsong tahun baru. Paus juga menyerukan agar pemimpin dunia menawarkan bantuan lebih kepada mereka pada tahun ini

Dilansir dari CNN, Senin (1/1/2018), di hadapan 40.000 orang di Lapangan Santo Petrus, pemimpin umat Katolik Roma di seluruh dunia ini berharap pemerintah memberikan mereka akses terhadap pendidikan, dan kesejahteraan.

Dia memberikan penghormatan kepada para imigran dan pengungsi yang telah melakukan perjalanan panjang dan berbahaya, demi mencapai masa depan yang lebih baik.

"Imigran dan pengungsi, baik pria dan wanita, mereka mencari kedamaian, inilah semboyan saat ini," katanya.

Baca juga : Beri Pesan Natal, Paus Fransiskus Serukan Perdamaian di Yerusalem

Paus Fransiskus juga mengajak umat untuk mendaraskan doa Angelus atau Malaikat Tuhan untuk menandai penetapan 1 Januari sebagai Hari Perdamaian Dunia oleh Gereja Katolik.

"Tolong jangan memadamkan harapan di hati mereka, kita tidak boleh mencekik harapan kedamaian mereka," tambahnya.

Pada beberapa tahun terakhir, jumlah imigran yang melewati jalur berbahaya di Laut Tengah dari Afrika Utara dan Timur Tengah telah mencapai tingkat krisis.

Tahun lalu, Paus Fransiskus juga telah melakukan perjalanan ke Myanmar dan Bangladesh, di mana etnis minoritas Rohingnya melarikan diri dari serangan operasi militer di Myanmar.

Baca juga : Pizza Panjang Jadi Kue Ulang Tahun Paus Fransiskus

Dalam homili atau khotbahnya, Paus Fransiskus juga menyarankan agar setiap umat berhening sejenak setiap hari untuk berdoa kepada Tuhan yang dapat menjaga jiwa.

Keheningan itu juga dapat menjaga manusia dari konsumerisme, kekosongan kata-kata, ocehan berlebihan, dan teriakan bising.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com