Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Australia Bubarkan Pesta Natal di Pantai Sydney

Kompas.com - 26/12/2017, 10:08 WIB


SYDNEY, KOMPAS.com — Polisi membubarkan pesta Natal di Pantai Little Bay, Sydney, Australia, Senin (25/12/2017), setelah unggahan di media sosial menunjukkan orang-orang berkumpul sambil minum-minuman keras.

Australia Plus melaporkan, sekitar 3.000 warga menghadiri sebuah pesta di Pantai Little Bay pada Natal. Polisi menerima panggilan sebelum pukul 15.00 waktu setempat.

Polisi kemudian memindahkan orang-orang dari pantai yang merupakan zona bebas alkohol ke jalanan dekat pantai.

Petugas kepolisian butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk membubarkan orang-orang dan meminta mereka pergi dengan berjalan kaki atau naik bus.

Baca juga: Simak Etika Rayakan Pesta Natal

Dua anggota polisi terluka setelah diduga terkena pukulan botol dan diserang saat mereka membubarkan kerumunan. Keduanya mengalami luka ringan dan langung mendapat penanganan di tempat kejadian.

Dua perempuan, berusia 23 dan 25 tahun, ditangkap kemudian dibawa ke kantor Kepolisian Maroubra. Keduanya diberikan jaminan bersyarat sebelum hadir di pengadilan Waverley tanggal 31 Januari.

Menurut beberapa backpacker yang berada di pesta tersebut, penonton menjadi liar setelah polisi mulai menggunakan kekuatan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Mereka mengklaim beberapa orang terluka dan polisi tersebut juga menggunakan semprotan merica. Sementara paramedis yang tiba di lokasi langsung menangani mereka yang terluka.

Baca juga: Beri Pesan Natal, Paus Fransiskus Serukan Perdamaian di Yerusalem

Rekaman video yang diunggah ke jejaring sosial menunjukkan seorang petugas polisi mendorong tiga wanita ke jalan saat kerumunan sedang berjalan.

Sementara itu, ribuan warga juga merayakan Natal dengan bermabuk-mabukan di Pantai St Kilda, Melbourne, Australia, Senin (25/12/2017) sore waktu setempat. Dua orang ditangkap dan satu orang masuk rumah sakit setelah ditabrak sebuah trem.

Jason Kelly dari Kepolisian Victoria mengatakan, polisi mendatangi pesta itu karena orang mabuk akibat meminum alkohol dalam jumlah besar.

Baca juga: Polisi Australia Amankan 1,2 Ton Sabu Senilai Rp 10 Triliun

Menurut keterangannya, banyak sampah yang ditinggalkan di tepi pantai menunjukkan orang-orang tidak menghormati warga lokal yang tinggal di kawasan setempat.

"Sangat mengecewakan, jumlah polisi yang dikerahkan cukup signifikan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com