Gedung Pusat Kebugaran di Korsel Terbakar, 28 Orang Tewas - Kompas.com

Gedung Pusat Kebugaran di Korsel Terbakar, 28 Orang Tewas

Agni Vidya Perdana
Kompas.com - 21/12/2017, 21:05 WIB
Api terlihat membumbung dari gedung delapan lantai di Jecheon, Korea Selatan, pada Kamis (21/12/2017). Lebih dari 20 orang tewas setelah gagal menyelamatkan diri.Yonhap / AFP Api terlihat membumbung dari gedung delapan lantai di Jecheon, Korea Selatan, pada Kamis (21/12/2017). Lebih dari 20 orang tewas setelah gagal menyelamatkan diri.

SEOUL, KOMPAS.com - Kebakaran melanda sebuah pusat kebugaran di kota Jecheon, Kamis (21/12/2017), menyebabkan setidaknya 28 orang tewas dan 26 lainnya luka-luka.

Laporan resmi mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat dan dengan cepat menjalar ke seluruh gedung delapan lantai tersebut. Membuat banyak orang terjebak di dalam gedung.

Dinas Pemadam Kebakaran Nasional Korea Selatan mengatakan, 20 korban ditemukan di tempat sauna, sedangkan lainnya tersebar di bagian lain gedung yang memiliki pusat kebugaran, pemandian umum hingga restoran itu.

"Api dari kebakaran menyebabkan terlalu banyak asap beracun yang menyebar dengan cepat, menyebabkan banyak orang gagal menyelamatkan diri," kata juru bicara pemadam kebakaran dikutip AFP.

Baca juga: Kebakaran di California Ancam 18.000 Bangunan dan Rumah Selebriti

Ditambahkannya, kemungkinan banyak korban yang tidak menyadari telah terjadi kebakaran hingga akhirnya tidak lagi memungkinkan untuk menyelamatkan diri.

Beberapa pengunjung berhasil selamat dengan cara melompat dari teras di luar ruangan dan mendarat di matras yang telah disiapkan petugas.

Jumlah korban masih sangat mungkin bertambah karena petugas masih menyisir bangunan dan ruang-ruang yang hangus.

Diyakini, sumber api yang membakar gedung berasal dari tempat parkir di lantai pertama. Api sebagian besar telah dapat dipadamkan.

Insiden kebakaran itu disebut sebagai yang terbesar di Korea Selatan sejak 2008.

Presiden Moon Jae-in turut menyampaikan bela sungkawa dan mendesak pejabat terkait untuk melakukan upaya maksimal dalam menyelamatkan maupun mencari korban.

Baca juga: Sekolah Adakan Latihan Kebakaran, Satu Siswa Malah Bunuh Diri

PenulisAgni Vidya Perdana
EditorAgni Vidya Perdana
SumberAFP,Yonhap
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM