Iran Bantah Memasok Rudal Balistik ke Houthi - Kompas.com

Iran Bantah Memasok Rudal Balistik ke Houthi

Ardi Priyatno Utomo
Kompas.com - 20/12/2017, 15:53 WIB
Empat peluru kendali mengudara di sebuah kawasan gurun yang tak disebutkan di Iran. Foto ini diperoleh dari divisi publikasi Garda Revolusi, Sepah News.SEPAH NEWS/ AFP PHOTO Empat peluru kendali mengudara di sebuah kawasan gurun yang tak disebutkan di Iran. Foto ini diperoleh dari divisi publikasi Garda Revolusi, Sepah News.

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran membantah tudingan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley, bahwa mereka memasok rudal balistik ke kelompok pemberontak Houthi di Yaman.

Melalui jurubicara Kemenlu, Bahram Ghasemi, Iran menyatakan tidak memiliki hubungan apapun dengan Houthi.

"Tuduhan bahwa Iran menyuplai senjata ke sejumlah grup berbahaya Timur Tengah dengan tegas kami bantah," kata Ghasemi seperti dikutip kantor berita AFP Rabu (20/12/2017).

Ghasemi menjelaskan, dia tidak bisa memahami mengapa Haley dan koalisi yang dipimpin Arab Saudi bisa membuat tuduhan seperti itu.

Baca juga : Rudal Houthi yang Ditembakkan ke Saudi Punya Ciri Khas Iran

Padahal, Yaman saat ini telah diblokir oleh koalisi pasca-gagalnya serangan rudal yang dilalukan Houthi untuk menargetkan bandara.

"Jangankan mengirim senjata, bantuan kemanusiaan pun tidak bisa disalurkan ke sana," papar Ghasemi.

Sebelumnya, Haley menyebut bahwa Teheran sengaja memasok persenjataan kepada Houthi.

Pernyataannya keluar setelah sistem pertahanan udara Saudi menghancurkan rudal yang ditembakkan dengan target istana Raja Salman.

Haley menyebut, rudal yang ditembakkan Houthi memiliki kemiripan dengan senjata yang diproduksi oleh Iran.

Sementara jurubicara koalisi mengatakan dengan mantap bahwa Iran mendukung kelompok pemberontak yang ada di Timur Tengah.

"Fakta adanya penggunaan senjata buatan Iran oleh teroris, termasuk Houthi, menjadi ancaman tidak hanya di kawasan, namun juga global," tutur jurubicara tersebut.

Baca juga : Saudi Hancurkan Rudal Houthi yang Incar Kediaman Raja Salman

PenulisArdi Priyatno Utomo
EditorArdi Priyatno Utomo
SumberAFP
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM