Universitas Amerika di Mesir Cabut Larangan Cadar di Kampus - Kompas.com

Universitas Amerika di Mesir Cabut Larangan Cadar di Kampus

Kompas.com - 19/12/2017, 17:07 WIB
Mahasiswi di sebuah perguruan tinggi di Kairo mengenakan cadar di lingkungan kampus.Cris Bouroncle / AFP Mahasiswi di sebuah perguruan tinggi di Kairo mengenakan cadar di lingkungan kampus.

KAIRO, KOMPAS.com - Otoritas Universitas Amerika di Kairo (AUC) pada akhirnya membatalkan larangan pemakaian cadar di lingkungan kampus yang diperuntukkan bagi para mahasiswinya.

Dilansir dari Al Arabiya, Selasa (19/12/2017), pencabutan larangan tersebut setelah munculnya keprihatinan yang disampaikan mahasiswa dan juga anggota fakultas.

Baca juga: Pakai Cadar, 10 Anggota ISIS Coba Kabur dari Kota Manbij

Sebelumnya, pihak universitas sempat mengeluarkan larangan bagi mahasiswi maupun staf perempuan untuk menutup wajah mereka dengan cadar selama berada di lingkungan kampus.

Para mahasiswi dan staf yang terdampak larangan itu pun menyampaikan keprihatinan mereka baik secara langsung maupun melalui email.

Mereka yang menentang beranggapan jika aturan itu bertentangan dengan kebijakan universitas. Demikian dilaporkan situs berita Masrawy.

Namun, beberapa juga ada yang mendukung dan setuju dengan larangan pemakaian cadar dengan alasan demi meningkatkan keamanan.

Meski akhirnya larangan cadar dicabut, pihak universitas memastikan kebijakan dan prosedur keamanan yang ada akan tetap dapat menjamin keselamatan seluruh mahasiswa di kampusnya.

Baca juga: Republik Kongo Larang Pemakaian Cadar

Larangan pemakaian cadar bagi perempuan di lingkungan kampus sebelumnya telah diterapkan di Universitas Kairo pada 2016.

Walaupun mengundang kontroversi, aturan itu tetap diberlakukan dengan alasan pemakaian cadar dapat menghambat komunikasi.


EditorAgni Vidya Perdana
Komentar

Close Ads X