Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Padam, Bandara Atlanta di AS Batalkan 1.142 Penerbangan

Kompas.com - 18/12/2017, 09:32 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


ATLANTA, KOMPAS.com - Listrik padam di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson di Atlanta, Amerika Serikat, membuat 1.142 penerbangan harus dibatalkan pada Minggu (17/12/2017).

Dilansir dari NBC News, sebanyak 250 penerbangan mengalami penundaan akibat listrik yang mati pada pukul 13.00 waktu setempat.

Badan Pengawas Keselamatan Penerbangan AS (FAA) melakukan sejumlah arahan terkait lalu lintas udara.

"Menara FAA dapat beroperasi normal. Tapi keberangkatan tertunda karena peralatan bandara di terminal tidak berfungsi," tulisnya dalam sebuah pernyataan.

Baca juga : Insiden Penembakan Terjadi di Atlanta, 5 Tewas

The New York Times melaporkan, Delta Air Lines, maskapai dengan penumpang terbanyak di bandara menyatakan, lebih dari 450 penerbangannya dibatalkan.

Juru bicara Southwest Airlines, maskapai terbesar kedua di bandara tersebut, menyatakan 70 dari 120 penerbangannya juga telah telah dibatalkan.

American Airlines juga membatalkan 24 penerbangan dan 30 penerbangan berikutnya di hari yang sama.

Penumpang pesawat juga melaporkan penundaan penerbangan di bandara lain akibat pembatalan dan penundaan penerbangan di bandara Atlanta.

Baca juga : Gelandangan Curi Uang Rp 4,7 Miliar di Bandara Paris

Perusahaan listrik Georgia Power mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam waktu setempat, masalah listrik padam terkait dengan kebakaran yang menyebabkan kerusakan parah di fasilitas listrik bawah tanah Georgia Power."

Aliran listrik ke bandara sedikit pulih pada pukul 19.30 waktu setempat, sekitar tujuh jam setelah pemadaman awal. Namun, listrik baru sepenuhnya memenuhi kebutuhan bandara pada tengah malam.

Petugas pemadam kebakaran dapat memadamkan api yang menyebabkan kebakaran di fasilitas listrik Georgia Power. Namun, mereka belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut.

AFP melaporkan sejumlah foto dan video yang diunggah di media sosial menunjukkan orang-orang berjalan melalui koridor gelap di bandara.

"Saya belum makan sejak jam 8 pagi, saya merasa keren. #AtlantaAirport," kicau salah satu pengguna Twitter.

"Bandara Atlanta tidak ada listrik, saya terjebak di landasan pacu, saya lapar, dan sedikit berdengung ..... Butuh bantuan !!!," tulis pengguna Twitter lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com